TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Ancaman kebakaran lahan kembali bayangi Riau

Petugas memadamkan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau, Selasa (17/9/2019) - Antara/Puspa Perwitasari.
Ancaman kebakaran lahan kembali bayangi Riau 1 i Papua
Petugas memadamkan kebakaran lahan di Desa Merbau, Kecamatan Bunut, Pelalawan, Riau, Selasa (17/9/2019) – Antara/Puspa Perwitasari.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Pekanbaru, Jubi – Ancaman kebakaran lahan membayangi wilayah Riau selama musim pancaroba saat ini. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau warga tidak melakukan aktivitas pembakaran saat membuka atau membersihkan lahan.

“Sebagian wilayah Riau saat ini memasuki masa peralihan dari musim hujan ke musim kemarau fase pertama. Aktivitas pembakaran (harus) dihindari karena bisa memicu lagi kebakaran hutan,” kata Analis BMKG Stasiun Meteorologi Sultan Syarif Kasim II – Pekanbaru Yasir Prayuna , Senin (6/11/2020).

Yasir memperkirakan awal musim kemarau berlangsung pada pertengahan Januari hingga bulan depan. Namun, saat ini, titik api yang diindikasikan sebagai lokasi kebakaran lahan terpantau di sejumlah daerah, seperti Bengkalis, Dumai, Rokan Hilir, dan Indragiri Hilir.

“Walaupun kemarau periode pertama tidak terlalu panjang (sebentar), tetap harus diwaspadai. Riau cukup rentan (terhadap kebakaran lahan) dan potensi meluasnya,” jelasnya.

​Berdasarkan pemantauan citra satelit yang dirilis BMKG, terdeteksi sebanyak 15 titik api kebakaran lahan di Riau pada Senin pagi. Sebanyak lima, di antaranya diindikasikan kuat sebagai lokasi kebakaran lahan. Lokasi tersebut terdeteksi berada di Dumai, Indragiri Hilir, dan Bengkalis. (*)

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us