HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Anggaran dipangkas 50 persen, kebutuhan DPR Papua dipastikan terpenuhi

Ilustrasi para anggota DPR Papua saat menggelar rapat - Jubi. Dok
Ilustrasi para anggota DPR Papua saat menggelar rapat – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Sekretaris DPR Papua, Juliana J Waromi memastikan kebutuhan anggaran untuk agenda kerja para anggota DPR Papua dapat terpenuhi hingga akhir tahun, meski anggaran di setiap organisasi perangkat daerah atau OPD dipangkas 50 persen.

Ia mengatakan, sesuai surat edaran Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan, anggaran di setiap OPD dipangkas hingga 50 persen untuk penanganan Covid-19 atau virus korona.

Akan tetapi pihaknya berupaya agar sejumlah agenda kerja DPR Papua tetap dapat dilaksanakan hingga akhir tahun.

“[Khusus] kebutuhan [anggaran kegiatan anggota] dewan sampai Desember 2020 bisa terpenuhi, walaupun [mungkin] tidak lengkap. [Untuk kegiatan] yang  lain-lain di Sekretariat nanti akan kami lihat kembali,” kata Juliana Waromi melalui panggilan telepon, Kamis (21/5/2020).

Menurutnya, pemotongan anggaran sebesar 50 persen untuk semua kegiatan di DPR Papua. Hanya saja saat rapat Badan Anggaran (Banggar) DPR Papua pekan lalu, terjadi perbedaan pendapat terkait pemangkasan anggaran di DPR Papua.
Ada pihak yang ingin agar anggaran untuk pelaksanaan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) DPR Papua semisal hearing dan pengawasan tidak dipangkas hingga akhir tahun.

Anggaran yang dipangkas adalah sepenuhnya untuk kegiatan fisik dan pengadaan di Sekretariat DPR Papua.
Akan tetapi Sekwan DPR Papua menyatakan, tidak mungkin jika hanya anggaran pengerjaan fisik di Sekretariat DPR Papua yang dipangkas secara keseluruhan, karen surat penyediaan dana atau SPD triwulan pertama dan kedua telah terbit berdasarkan kontrak di Sekretariat DPR Papua.

Loading...
;

“Beberapa pengerjaan fisik telah ada dalam perencanaan. Misalnya pengerjaan rumah dinas Sekwan dan dan pengerjaan Mess DPR Papua,” ujarnya.

Katanya, pembayaran pembangunan fisik itu telah dilakukan sebagian pada tahun anggaran 2019. Akan tetapi karena pengerjaannya belum selesai sehingga kontraknya diadendum, dan sisa pembayaran dibayarkan pada tahun anggaran 2020.

Sementara untuk pembangunan parkiran DPR Papua, meski telah dianggarkan namun belum ditenderkan, karena adanya surat edaran Menteri Dalam Negeri dan Menteri Keuangan.

Namun karena keinginan pimpinan dan anggota DPR Papua agar anggaran kegiatan yang menjadi tupoksi dewan tidak dipangkas hingga akhir tahun, Sekda Provinsi Papua menyatakan untuk saat ini Sekretariat DPR Papua bisa diberikan dana Rp 350 miliar, untuk dimasukkan dalam sistem manajemen informasi daerah (SIMDA).

“Namun mesti dibahas bersama lagi. Perubahan atau pergeseran anggaran sesuai kebutuhan, baru bisa dilakukan dalam Anggaran Belanja Tambahan (ABT),” ucapnya.

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw mengatakan pihaknya telah menggelar rapat Banggar sebagai tindaklanjut surat edaran Mendagri dan Menteri Keuangan. Dalam rapat yang digelar pekan lalu itu, Banggar membahas anggaran apa saja di Sekretariat DPR Papua yang mesti dipangkas.

“Ada perbedaan pendapat terkait pemangkasan anggaran di DPR Papua terutama pembangunan fisik yang dipangkas 50 persen. Sekretariat tetap ingin pemangkasan anggaran dilakukan secara merata. Kegiatan fisik dan kegiatan kerja dewan [sama-sama] dipangkas 50 persen,” kata Jhony Banua Rouw usai memimpin rapat Banggar, pekan lalu.

Namun menurutnya, jika anggaran kegiatan dipangkas 50 persen dikhawatirkan saat triwulan terakhir, DPR Papua tidak dapat melakukan agenda kerja yang merupakan tupoksi mereka, misalnya pengawasan karena tak ada lagi anggaran.

“Makanya kami minta [agenda kerja dewan itu] harus tetap ada, karena merupakan bagian penting dan tupoksi DPR Papua. Misalnya anggaran untuk paripurna tidak bisa dipangkas, karena agenda itu mesti dilaksanakan,” ujarnya.

Katanya, para anggota DPR Papua menyerahkan sepenuhnya kepadanya sebagai pimpinan DPR Papua untuk membicarakan lebih lanjut hal tersebut dengan Sekretaris DPR Papua. (*)

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa