Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Anggaran untuk 14 kursi pengangkatan sudah disiapkan

Foto ilustrasi, anggota DPR Papua saat mengikuti sidang paripurna DPR Papua. - Jubi/Arjuna Pademme
Anggaran untuk 14 kursi pengangkatan sudah disiapkan 1 i Papua
Foto ilustrasi, anggota DPR Papua saat mengikuti sidang paripurna DPR Papua. – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Meskipun proses seleksi 14 anggota Dewan Perwakilan Rakyat atau DPR Papua dari jalur pengangkatan belum rampung, Sekretariat DPR Papua telah menyiapkan anggaran yang terkait dengan hak “anggota 14 kursi” itu. Dengan demikian, setelah proses seleksi selesai, 14 anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan itu bisa segera bekerja bersama-sama 55 anggota DPR Papua hasil Pemilihan Umum 2019.

Sekretaris DPR Papua, Julia Waromi mengatakan pihaknya telah mengajukan anggaran terkait hak 69 anggota DPR Papua. “Kalau misalnya anggota 14 kursi belum dilantik tahun ini, dananya mati kas atau tetap berada di kas daerah,” kata Julia Waromi, Sabtu (25/1/2020).

Anggaran untuk 14 kursi pengangkatan sudah disiapkan 2 i Papua

Menurutnya, anggaran untuk “anggota 14 kursi” tidak dapat digunakan oleh anggota DPR Papua hasil Pemilihan Umum 2019. Anggaran bagi anggota 14 kursi memiliki rekening keuangan tersendiri, sehingga laporan pertanggungjawaban penggunaan dana itu hanya dapat ditandatangani oleh anggota 14 kursi.

“Kan rekeningnya beda. Anggota 14 kursi inikan juga sudah diakomodir dalam tata tertib dewan. Kalau mereka sudah masuk tinggal menyesuaikan,” ujarnya.

Sekretariat DPR Papua berharap proses rekrutmen 14 anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan dapat rampung secepatnya. Jika telah terpilih, 14 anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan itu akan segera dilantik, dan melengkapi komposisi keanggotan DPR Papua.

“Jadi kami menunggu saja. Proses anggota 14 kursi ini memang butuh waktu apalagi yang mendaftar 700 orang lebih. Setelah Panitia Seleksi merampung tugasnya masih diproses hingga jakarta. SK-nya mesti dari Mendagri,” ucapnya.

Loading...
;

Sementara itu, Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw beberapa hari lalu mengatakan Tata Tertib DPR Papua yang baru disahkan sudah mengakomodir keberadaan 14 anggota DPR Papua dari jalur pengangkatan. Jhony Banua Rouw mencontohkan, anggota 14 kursi nantinya akan membentuk kelompok sendiri yang diberi nama “Kelompok Khusus”. Kelompok Khusus itu memiliki fungsi yang sama dengan fraksi partai politik di DPR Papua. “Tapi, [Kelompok Khusus itu] bukan fraksi, [karena fraksi merupakan perpanjangan partai politik,” kata Jhony Banua Rouw.

Selain itu, 14 anggota DPR Papua jalur pengangkatan juga dapat mengisi setiap alat kelengkapan DPR Papua, termasuk komisi, Badan Anggaran, Badan Musyawarah, Badan Lehormatan, Badan Pembentukan Peraturan Daerah, dan berhak menempati pimpinan atau unsur pimpinan alat kelengkapan DPR Papua.

Akan tetapi, anggota 14 kursi tidak berhak mengusulkan atau menempati posisi pimpinan DPR Papua. “Kami sudah siapkan dasar hukumnya. Misalnya ketika 14 kursi masuk. Itu bedanya tata tertib kami yang sekarang dengan dengan tata tertib pada periode lalu. Dengan begitu, ketika [anggota 14 kursi] masuk, tata tertib tidak perlu diubah,” ucapnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top