Follow our news chanel

Anggota DPR Papua: Semua pihak mesti patuhi Pembatasan Sosial Diperluas

Suasana di terminal kedatangan penumpang di Bandara Sentani, setelah pemberlakuan penutupan layanan penerbangan penumpang, Jumat (27/3/2020) -Jubi/Engelbert Wally.
Anggota DPR Papua: Semua pihak mesti patuhi Pembatasan Sosial Diperluas 1 i Papua
Suasana di terminal kedatangan penumpang di Bandara Sentani, setelah pemberlakuan penutupan layanan penerbangan penumpang, Jumat (27/3/2020) -Jubi/Engelbert Wally.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Makassar, Jubi – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Laurenzus Kadepa, meminta semua pihak mematuhi keputusan bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah atau Forkopimda Papua untuk memberlakukan Pembatasan Sosial yang Diperluas. Kadepa menilai kebijakan untuk menutup akses angkutan penumpang menuju Papua dinilai tepat untuk mencegah penyebaran virus korona di Papua.

Ia meminta semua pihak, termasuk masyarakat di Papua, mematuhi Pembatasan Sosial Diperluas yang ditetapkan pada 24 Maret 2020 itu. “Semua pihak, termasuk masyarakat, mesti memahami alasan kebijakan itu diberlakukan. Ini demi kebaikan masyarakat Papua,” kata Kadepa melalui panggilan telepon, Minggu (5/4/2020).

Kadepa berharap tidak ada pihak yang memanfaatkan kebijakan Pembatasan Sosial yang Diperluas untuk menimbulkan polemik di masyarakat. “Saling menghargai dan menghormati antara lembaga yang ada di Papua itu yang utamakan. Hanya akses keluar masuk orang ke Papua, dan antara wilayah di Papua yang dibatasi sementara waktu. Angkutan barang melalui laut dan udara dari luar Papua ke Papua, atau antara wilayah di Papua tetap berjalan normal,” ujar Kadepa.

Pembatasan Sosial yang Diperluas diputuskan Forkopimda Papua bersama 29 bupati/wali kota se-Papua pada 24 Maret 2020, dengan masa berlaku hingga 9 April 2020. Belum diperoleh informasi apakah Pembatasan Sosial yang Diperluas itu, termasuk penutupan akses angkutan penumpang ke Papua, akan diakhiri pada 9 April, atau justru diperpanjang.

Menurut Kadepa, jika nantinya Pemerintah Provinsi Papua, Forkopimda, dan para bupati/wali kota di Papua memutuskan memperpanjang Pembatasan Sosial yang Diperluas itu, semua pemangku kepentingan harus patuh dan menerima. Kadepa menyatakan seluruh lembaga pemerintah, baik pusat maupun daerah, harus mendukung upaya Pemerintah Provinsi Papua mengendalikan penyebaran virus korona di Papua.

Secara terpisah Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengusulkan agar penutupan akses bagi pesawat penumpang dan kapal laut penumpang menuju Papua dapat diperpanjang. “Saya saran demi masyarakat, demi orang Papua, bisa menambah penutupan bandara dan pelabuhan untuk orang masuk,” kata Benhur Tomi Mano, Sabtu (4/4/2020).

Loading...
;

Menurutnya, berdasarkan data yang diperolehnya dari Dinas Kesehatan Kota Jayapura dan Tim Gugus Kota Jayapura ada peningkatan jumlah pasien positif Covid-19 di Papua hingga akhir pekan kemarin. Jumlah pasien yang semula lima orang bertambah menjadi sembilan orang.

“Supaya kita memutus rantai ini (penyebaran virus corona). Pemikiran saya karena tempat isolasi, perawat, dokter, alat pelindung diri sangat terbatas,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top