Follow our news chanel

Previous
Next

Anggota DPRD Supiori dan Mamberamo Tengah belajar jadi wakil rakyat

Orientasi bagi anggota DPRD Supiori dibuka di Hotel Grand Abe Jayapura, Rabu (26/2/2020). - Jubi/Alex
Anggota DPRD Supiori dan Mamberamo Tengah belajar jadi wakil rakyat 1 i Papua
Orientasi bagi anggota DPRD Supiori dibuka di Hotel Grand Abe Jayapura, Rabu (26/2/2020). – Jubi/Alex

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Para anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Supiori dan DPRD Mamberamo Tengah, Papua menjalani pemantapan kompetensi di Jayapura mulai Rabu (26/2/2020). Pemantapan kompetensi itu diberikan agar para anggota DPRD Supiori memiliki pengetahuan, kemampuan, keterampilan untuk menjalankan tugasnya sebagai wakil rakyat.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Papua, Aryoko Rumaropen mengatakan sebagai unsur pemerintah daerah, legislator memiliki tugas dan fungsi yang sangat strategis. Setiap DPRD akan menjalankan fungsi Iegilasi, budgeting anggaran, dan mengawasi kinerja pemerintah daerah.

“Orientasi ini sangat penting untuk pemantapan kompetensi anggota dewan pada level yang memadai. [Dengan demikian] mereka mampu melaksanakan tugas secara optimal dalam merumuskan serta mengimplementasikan berbagai kebijakan daerah guna meningkatkan kesejahteraan rakyat,” kata Rumaropen di Jayapura, Rabu (26/2/2020).

Menurutnya, menjadi anggota DPRD merupakan panggilan mulia, dan memiliki tanggung jawab yang tak ringan. Apalagi sebagaian besar anggota DPRD merupakan wajah  baru, dan berasal dari berbagai latar belakang.

Di sisi lain, banyak partai politik yang tak sempat melakukan proses kaderisasi serta membekali calon anggota legislatif dengan pengetahuan tentang seluk-beluk bertugas menjadi anggota DPRD. “Oleh karenanya, ada kebijakan nasional [yang mewajibkan] semua anggota DPRD mengikuti orientasi sebelum bertugas,” kata Rumaropen.

Rumaropen berharap semua anggota DPRD Supiori dan DPRD Mamberamo Tengah bisa mengikuti pelatihan itu dengan baik. “Saya harap [setiap anggota DPRD] mengikuti pembekalan itu dengan baik. Ketika kembali ke tempat tugas, [mereka]  sudah tahu apa yang harus dilakukan,” katanya.

Loading...
;

Bupati Supiori, Jules Warikar berharap kerjasama yang harmonis yang sudah terjalin selama ini antara eksekutif dan legislatif tetap terjaga untuk Supiori yang lebih baik. “Kami harap anggota DPRD yang baru bisa bisa bekerja dengan baik dan lebih pro aktif sesuai tugas dan fungsi masing-masing demi kepentingan dan aspirasi masyarakat,” kata Warikar. (*)

DPRDEditor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top