HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Anggota Fraksi PKB DPR RI sebut ‘TNI Mengajar’ menjadi introspeksi pemerintah

Anggota Fraksi PKS DPR RI, Marthen Douw (depan). - Ist
Anggota Fraksi PKB DPR RI, Marthen Douw (depan). – Ist

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Anggota Fraksi PKB DPR RI, Marthen Douw, mengkritisi kebijakan Pemerintah Provinsi Papua dan di 29 kabupaten/kota di bidang pedidikan, terkait proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di berbagai jenjang pendidikan terutama SD, SMP, SMA dan sederajatnya.

Menurut politisi PKB ini, Dinas Pendidikan dan Pengajaran Provinsi Papua, telah memberikan izin TNI mengajar di sekolah yang justru menjadi introspeksi pemerintah terutama di tingkat kabupaten.

“Soal TNI mengajar itu saya pikir baik supaya melalui kejadian ini Pemerintah Provinsi dan Kabupaten terutama di wilayah batas dan Pegunungan, bisa buka mata soal daruratnya penanganan pendidikan di Papua. Dan saya harap segera introspeksi mengenai hal ini,” ujarnya, ketika dikonfirmasi Jubi, Rabu (12/2/2020).

Padahal, kata dia, kebijakan pembagian dana Otonomi Khusus (Otsus) bidang pendidikan cukup besar. Namun penyalurannya tak tepat sasaran dan tidak sesuai kebutuhan mendasar masyarakat, lantaran belum adanya produk hukum yang menjamin.

“Khusus bagi pendidikan Papua, sebenarnya anggaran Otsus dan Freeport bisa menjamin pendidikan di Papua secara menyeluruh. Mengapa harus banyak persoalan dalam dunia pendidikan ini?” tanyanya.

Lanjutnya, selama ini kebijakan Gubernur Papua baik karena membagi dana Otsus ke daerah. “Akan tetapi alangkah baiknya jika anggaran tersebut sudah terkemas peruntukkannya untuk apa, lalu diperkuat dengan peraturan daerah kemudian dibagikan ke daerah.”

Loading...
;

Sebelumnya, Ketua Departemen Pemuda Gereja Baptis Papua, Sepi Wanimbo, mengatakan TNI memiliki tugas utama menjaga kedaulatan dan keutuhan NKRI. Untuk itu, program TNI Mengajar dianggap tidak layak, karena tugas tersebut seharusnya diemban oleh guru.

“Aparat keamanan negara tidak layak mengajar anak sekolah di setiap jenjang studi,” ujarnya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa