HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Anggota MPR, DPR, dan DPD menandatangani ikrar kebangsaan di Wamena

Penandatanganan ikrar kebangsaan oleh pimpinan MPR, DPR, DPD RI saat kunjungan ke Wamena, Selasa (3/3/2020). -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Selain melihat tentang progres pengerjaan pembangunan rumah dan ruko yang terdampak rusuh 23 September 2019, rombongan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), dan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, melakukan penandatanganan ikrar kebangsaan di Wamena.

Penandatanganan dalam prasasti itu dilakukan oleh Ketua MPR, DPR dan DPD RI bersama forum aspirasi dan komunikasi anggota DPR, DPD RI daerah pemilihan Papua dan Papua Barat (MPR for Papua), di salah satu hotel di Wamena, Selasa (3/3/2020), saat kunjungan kerja di Jayawijaya.

Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo, mengatakan ikrar yang dilakukan bersama ini, sebagai wujud semangat untuk membuktikan bahwa negara tetap peduli pada Papua dan Papua Barat menjadi bagian dari Indonesia, karena Indonesia tanpa Papua bukanlah Indonesia.

“Kita ingin memastikan bahwa tiga pimpinan lembaga negara MPR, DPR, dan DPD sepenuhnya mendukung dan menyokong rakyat Papua, termasuk mendukung dan mendorong pemerintah untuk memperpanjang kembali dana Otsus yang akan berakhir 2021 dan kita minta diperpanjang,” katanya.

Ia menyebut jika kunjungannya bersama pimpinan DPR dan DPD RI plus For Papua (forum Papua) yang dibentuk oleh MPR ini, khusus untuk melakukan penyelesaian secara permanen bersama pemerintah, tentang masalah-masalah yang ada di Papua melalui tiga pendekatan yaitu keadilan, kesejahteraan, dan budaya.

“Kedatangan kami hari ini ke Papua ingin memastikan bahwa rakyat Papua yang kemarin menjadi korban kerusuhan yang rumahnya terbakar, beserta pasar dan ruko dibangun kembali oleh pemerintah. Kami memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kementerian PUPR dan Bupati Jayawijaya,” katanya.

Loading...
;

Katanya, For Papua ini terdiri dari anggota DPD dan DPR RI berasal dari dapil Papua dan Papua Barat, dimana mereka bertekad untuk meredam dan berupaya agar tidak terjadi lagi masalah-masalah yang tidak diinginkan di Papua.

Baca juga  DPRD temukan produk kedaluwarsa dijual di Sentani

“Saya yakin dan percaya mereka semua adalah saudara-saudara kita, tugas kita adalah merangkulnya untuk kembali ke pangkuan NKRI dan membangun Papua secara bersama-sama, untuk garis besarnya kesejahteraan rakyat Papua,” katanya.

Sementara itu, Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua, mengapresiasi pimpinan parlemen di Indonesia untuk komitmen bagi Papua, agar ke depan semakin aman dan damai.

“Wujudnya seperti apa, kami sendiri akan lihat dari tim yang dibentuk oleh MPR yang diketuai oleh Yorrys Raweyai,” kata Banua. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa