Anggota parlemen Kepulauan Cook diperbolehkan berpakaian adat bersidang

Dengan peraturan terbaru ini, setiap Jumat saat parlemen bersidang perwakilan rakyat Kepulauan Cook bisa mengenakan pakaian dan kemeja adat berwarna-warni. - Parlemen Kepulauan Cook

Papua No.1 News Portal | Jubi

Avarua, Jubi – Juru bicara Kepulauan Cook telah memperkenalkan peraturan baru yang mendorong anggota-anggota parlemen negara itu untuk mengganti gaya berpakaian formal mereka yang umumnya bergaya Barat, dengan sesuatu yang lebih identik dengan budaya mereka.

Dengan peraturan terbaru ini, setiap hari Jumat saat parlemen bersidang, para perwakilan rakyat dapat mengenakan pakaian dan kemeja adat warna-warni, serta aksesoris seperti kalung mutiara, kalung kerang, dan aksesoris rambut sesuai budaya lokal.

Peraturan yang telah resmi menjadi tata tertib parlemen telah secara universal didukung oleh 24 anggota parlemen dan bertujuan untuk mempromosikan semangat ‘Kia Orana Spirit’.

Rose Toki-Brown, menteri kesehatan yang juga memegang portofolio pertanian dan urusan dalam negeri, mengatakan inisiatif itu memastikan mereka menunjukkan dan merayakan identitas mereka.

“Hal ini penting bagi semua orang di Kepulauan Cook,” kata Menteri Toki-Brown. “Hal ini menunjukkan budaya kita dan orang-orang kita dan menunjukkan identitas kita kepada dunia.”

Tina Pupuke Browne, Pemimpin Oposisi Kepulauan Cook, juga memiliki sentimen yang serupa.

“Kami bangga sebagai orang Kepulauan Cook dan kesempatan untuk menunjukkan rasa bangga kami selama bersidang di parlemen itu luar biasa,” ungkap Browne.

Loading...
;

“Ini juga merupakan kesempatan untuk mempromosikan desainer pakaian lokal kami dan juga memakai kerajinan dari pulau-pulau terluar di Kepulauan Cook.”

Browne menambahkan bahwa merayakan budaya pribumi tidak berarti bahwa para pemimpin teralihkan dari tugas utama mereka untuk melayani rakyat.

“Kami di Parlemen memastikan bahwa, selain dari pakaian yang kami kenakan, kami sangat fokus pada apa yang penting di komunitas kami,” tambahnya. (Pacific Beat)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top