Follow our news chanel

Previous
Next

Anggota parlemen terus pindah kubu, parlemen PNG tak stabil

Anggota parlemen terus pindah kubu, parlemen PNG tak stabil 1 i Papua
Pindahnya anggota-anggota parlemen oposisi ke blok pemerintah memicu kekhawatiran tentang politik partai PNG. – ABC Radio Australia/Pacific Beat/ Bethanie Harriman

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Pindahnya Sir Mekere Morauta ke blok pemerintah PNG, dari sisi oposisi, memicu kekhawatiran tentang bebasnya dunia politik Papua Nugini, dan lemahnya sistem partai politik di negara itu.

Sir Mekere, yang merupakan Perdana Menteri PNG selama periode 1999-2002, secara resmi bergabung dengan pemerintah, Minggu ini, setelah proses negosiasi yang memakan waktu hingga berbulan-bulan.

Ia adalah anggota terbaru dari partai National Alliance Party (NAP) yang menyeberang dan bergabung dengan kubu pemerintah, setelah lima MP pindah sisi pekan lalu. Namun partai itu terbagi, dan MP Patrick Pruaitch masih menjabat sebagai pemimpin oposisi.

MP Pruaitch berkata ia telah memberikan ‘restunya’ bagi beberapa anggota partai itu untuk berpindah kubu.

Walter Schnaubelt adalah salah satu anggota partai NAP yang beralih ke pihak pemerintah, dan meskipun ia membelot, ia berkata partai itu masih bersatu. “Kita masih memiliki seorang pemimpin partai… dia masih ada di sana, saya di sini bersama kelompok lain untuk mendukung pemerintah saat ini,” jelas Schnaubelt.

PNG memang memiliki UU khusus yang bertugas untuk mengendalikan anggota parlemen dalam pergerakannya di pemerintahan – OLIPPAC, atau Organic Law on the Integrity of Political Parties and Candidates – tetapi pakar politik PNG, Dr. Orovu Sepoe, mengungkapkan kekhawatiran karena UU ini tidak dipatuhi.

Loading...
;

“Ketidakpastian bukan hal yang baik bagi politik,” tegas Dr. Sepoe.

Kelompok watchdog anti-korupsi, Transparency International, juga telah meminta kantor pendaftaran partai politik PNG, untuk secara terbuka menerbitkan informasi mengenai setiap anggota parlemen dan afiliasi partai mereka sekarang.

Telah terjadi berbagai perubahan dalam komposisi pemerintah PNG dan oposisi beberapa bulan terakhir, baik menjelang pergeseran O’Neill pada akhir Mei, dan juga sejak itu. (ABC Radio Australia/Pacific Beat/Bethanie Harriman)


Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top