Follow our news chanel

Previous
Next

Angkatan Laut Prancis lancarkan operasi tangkap kapal Vietnam

Portal Berita Tanah Papua No. 1 | Jubi ,

Kaledonia Baru, Jubi – Angkatan Laut Prancis melancarkan operasi penangkapan kapal Vietnam yang disebut “kapal biru” yang selama ini melakukan penangkapan ikan secara ilegal di perairan Pasifik. Si “kapal biru” ini telah berhasil melarikan diri dari kejaran hukum Kaledonia Baru.

Berdasarkan laporan terakhir, kapal militer Prancis telah menangkap dua kapal biru di perairan 200 kilometer barat Noumea. Kedua kapal tersebut adalah dua dari tiga kapal yang telah digiring kapal Angkatan Laut Prancis ke Noumea kemarin setelah tertangkap di utara pulau Belep.

Dua dari tiga kapten kapal tersebut ditahan untuk kedua kalinya. Menurut siaran radio lokal, ketiganya akan segera diseret ke persidangan. Sementara, kurang lebih 40 awak kapal akan direpatriasi ke Vietnam. Mereka akan diterbangkan oleh maskapai penerbangan dengan pengawalan ketat kepolisian Prancis.

Otoritas Prancis belum bisa mengumumkan hasil penyelidikan mereka atas beroperasinya kapal biru berbendera Vietnam ini. Penyelidikan diarahkan pada di mana dan bagaimana kapal-kapal biru ini mengisi bahan bakar.

Selain itu, tempat pelelangan ikan yang mereka sasar serta penadah ikan-ikan hasil curian itu juga turut diselidiki. Diperkirakan, kapal ini meraup untung besar karena bisa menjual ikan jenis tertentu dengan harga 300 dolar AS per kilogram di pasar gelap Tiongkok.

Insiden kapal biru ini sempat membuat resah sebagian negara di Pasifik hingga memancing Badan Penangkapan Ikan (FFA) untuk membahas insiden ini dalam pertemuan regional FFA Pasifik yang akan berlangsung pada catur wulan pertama dan kedua tahun ini.

Loading...
;

Insiden kapal biru merujuk pada kapal-kapal pelaku penangkapan ikan secara ilegal yang banyak terjadi beberapa tahun terakhir ini di Palau, negara federasi Mikronesia, Papua Nugini, Australia dan yang baru terjadi yaitu di Kaledonia Baru.

Direktur Jenderal FFA, James Movick mengatakan bahwa kapal-kapal tersebut secara ilegal menyasar ikan-ikan tertentu seperti hiu dan ikan-ikan jenis lainnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top