Angkutan Lintas Nabire antar kabupaten akan ditertibkan

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1

Nabire Jubi – Angkutan Umum lintas Nabire antar kabupaten akan ditertibkan. Hal itu disebakan adanya mobil berplat merah dan hitam yang digunakan sebagai angkutan umum antara kabupaten.

Para sopir harus menunjukkan surat jalan yang dikeluarkan oleh Dishub Nabire ke Polsubsektor Uwapa (Topo) untuk bisa melanjutkan perjalanan

“Kami terpaksa harus mengeluarkan izin perjalanan ini karena masih adanya kendaraan plat merah dan hitam yang sembunyi – sembunyi mengambil penungpang. Lalu maraknya kendaraan yang sering mengambil penumpang di jalan. Ini menggagu arus lalulintas, khususnya di depan pasar Karang Tumaritis,” ujar kepala UPTD Terminal Dishub Nabire, Dekcy Kaiba ketika ditemui Jubi, Kamis (6/4/2017).

Dengan menunjukkan surat jalan, angkutan lintas diperbolehkan melanjutkan perjalanan. Jika tidak memiliki surat jalan angkutan tersebut harus kembali ke Nabire. “Daerah tujuan angkutan lintas Nabire pedalaman antara lain, Dogiyai, Deiyai dan Paniai,” katanya.

Menurutnya, sesuai aturan, jalur lintas tersebut merupakan wewenang Dishub provinsi. Dan semua angkutan umum harus memiliki badan usaha.

Terpisah, Udin seorang sopir angkutan lintas Nabire antar kabupaten menuturkan apapun aturan yang akan dikeluarkan harus diterima dan dilaksanakan.

Loading...
;

“Hanya saja saya minta agar petugas tolong tertibkan mobil plat merah. Jangan hanya kami saja yang ditertibkan. Kendaraan dinas ini kebanyakan dari milik para pejabat di pedalaman,” katanya.

Udin berututur ia kini terpaksa mengambil penumpang di jalan meski membuat kemacetan. “Sebenarnya saya dan teman – teman masuk dan parkir di terminal Kalibobo. Hanya saja mobil dinas ambil penumpang di jalan. Akhirnya diterminal tidak ada penumpang. Kami akhirnya ikut cari penumpang di sini, depan pasar karang tumaritis,” tuturnya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top