HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Antisipasi Covid-19, Jateng larang kapal pesiar bersandar di Semarang

Ilustrasi Kapal Pesiar di Vanuatu. - RNZI/AFP
Antisipasi Covid-19, Jateng larang kapal pesiar bersandar di Semarang 1 i Papua
Ilustrasi Kapal Pesiar di Vanuatu. – RNZI/AFP

Kapal Pesiar MV Columbus, yang terlanjur diizinkan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan seribuan wisatawan mancanegara turun untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Semarang, Jubi– Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melarang kapal pesiar bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Kota Semarang dalam beberapa waktu ini. Kebijakan itu sebagai antisipasi meluasnya penyebaran virus corona jenis baru  atau Covid-19.

Antisipasi Covid-19, Jateng larang kapal pesiar bersandar di Semarang 2 i Papua

“Saya tidak akan mengizinkan untuk ke sini, biar mereka bisa berbalik untuk bisa kembali ke tujuan asal,” kata Ganjar usai menggelar rapat terbatas bersama Forkopimda dan seluruh organisasi perangkat daerah lingkungan Pemprov Jateng di Semarang, Sabtu (14/3/2020) tadi malam.

Baca juga : Dinyatakan bebas corona, kapal pesiar asal Norwegia berlabuh di Benoa

Kapal pesiar asal Belgia urung bersandar karena dugaan Covid-19

Pemulangan penumpang kapal pesiar Diamond Princess sedang disiapkan

Ganjar menyebutkan masih ada 24 kapal pesiar yang dijadwalkan berlabuh di tanjung emas Semarang yang ia pastikan akan ditolak.

Ia juga mengakui sempat dimarahi publik terkait dengan bersandarnya Kapal Pesiar MV Columbus di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang pada Jumat (13/3/2020). Meski diakui pemberian izin bersandar Kapal Pesiar MV Columbus itu dilakukan melalui prosedur yang ketat sesuai prosedur operasi standar sejumlah pihak terkait.

“(Pemberian izin Kapal Pesiar MV Columbus bersandar) itu sudah kita lakukan dengan prosedur yang sangat ketat sesuai ‘SOP’ mulai dari KKP, Bea Cukai, dan otoritas pelabuhan, semuanya bersih. Kejadian itu juga sebelum dinyatakan kondisi yang cukup gawat seperti ini,”  kata Ganjar menjelaskan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Jateng, ada 26 kapal pesiar yang akan singgah di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang selama 2020 dengan target jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung atau singgah di provinsi setempat mencapai 877 ribu orang.

Di antaranya Kapal Pesiar MV Columbus, yang terlanjur diizinkan bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang dan seribuan wisatawan mancanegara turun untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata seperti Candi Borobudur, Ambarawa, serta Kota Semarang. (*)

Editor : Edi Faisol

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top