HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Antisipasi penyebaran Covid-19, masyarakat Yahukimo diminta hindari kontak fisik

Demo di Tugu Salib Injil di Yahukimo Papua – Nicko Soll For Jubi.
 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Yahukimo Suhayatno meminta masyarakat Yahukimo untuk menghindari kontak fisik dengan orang yang lain untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Menghindari dulu dari bersentuhan langsung atau kontak fisik, tidak bersalaman langsung tapi dengan cara yang lebih efektif dari jauh, tidak bersentuhan. Hindari tempat berkumpul atau kumpul-kumpul, tidak keluar rumah, cuci tangan jika bersentuhan dengan orang lain segeralah cuci tangan pakai sabun, karena covid-19 menular melalui sentuhan manusia ke manusia,” kata Kepala Dinas Dinas Kesehatan, Suhayatno kepada Jubi, Selasa (24/03/2020).

Wakil Ketua Tim Gerak Cepat Pencegahan dan Penanganan Covid 19 Yahukimo ini mengatakan, berbagai upaya mulai dilakukan sebagai antisipasi. Salah satunya pembentukan tim untuk mengantisipasi pencegahan Covid-19 kabupaten Yahukimo.

“Tim kami terdiri dari kesehatan, ada dari logistik, ada dari keamanan, ada dari perhubungannya. Khusus kami dari bidang kesehatan bagaimana kita melayani (jika) ada keluhan dari masyarakat. Keluhan pasien yang menyerupai mirip-mirip atau syarat-syarat seorang yang menyerupai deteksi Virus Corona atau Covid-19,” katanya saat dihubungi Jubi.

Wakil Ketua Tim Gerak Cepat Pencegahan dan Penanganan Covid 19 Yahukimo  juga sudah melakukan pemeriksaan penumpang di Bandara Nop Goliat Dekai dengan memeriksa suhu badan para penumpang yang tiba di Dekai dari Jayapura maupun Wamena dimulai sejak 14 Maret 2020.

“Kami ada sekitar 4 petugas disitu setiap harinya melakukan screening suhu tubuh yang tiba di bandara Nop Goliat Dekai. Diambil dari mana para petugas itu? Kita berkolaborasi puskesmas-puskesmas dan rumah sakit di Yahukimo. Jadi kami ambil masing-masing satu-satu personil, untuk lakukan tugas screening,” kata Suhayatno.

Loading...
;

Sementara itu, pihak Rumah Sakit Umum Dekai, memberikan memberikan sosialisasi kepada masyarakat Yahukimo yang hadir dalam aksi tutup Bandara Nop Goliat Dekai, dan Pelabuhan Logpon yang dilaksanakan pada 23 maret 2020.

Baca juga  SMP negeri di Jayawijaya tak menggelar UNBK

“Kita ada memberikan sosialisasi kepada masyarakat kita tentang Virus Corona, cara pencegahannya, Bagaimana cara penularannya, kemudian situasi rumah sakit seperti apa, sosialisasi tentang bagaimana virus corona itu sesuai yang diminta (Kemenkes RI dan  masyarakat Yahukimo dalam menghadapi wabah ini,” kata dr. Rachel Madao Direktur RSUD Dekai ketika ditanya Jubi.

Ia menambahkan, salah satu yang menjadi perhatian adalah minimnya peralatan. RSUD Dekai sedang berusaha keras melayani pasien dengan peralatan yang ada.

“Kami sedang berusaha semaksimal mungkin, bagaimana supaya apapun yang terjadi, kita harus bagaimana caranya, mengantisipasi. Tetapi kami juga menunggu alat pelindung diri, APD yang dijanjikan oleh provinsi melalui dinas kesehatan. Sambil menunggu kami juga sudah buat kamar Isolasi dibelakang dengan alat seadanya,” kata Rachel. (*)

Editor: Edho Sinaga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa