Follow our news chanel

APAP sosialisasi protokol pencegahan Covid-19 di Nabire 

APAP_Protokol Covid Papua
Pengurus Asosiasi Pedagang Asli Papua menyosialisasikan protokol pencegahan penularan virus korona kepada mama-mama pedagang pasar di Nabire. - Dok. Pri. Mikael Kudiai
Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Sejak Kamis (27/5/2020) pekan lalu, Asosiasi Pedagang Asli Papua atau APAP Nabire telah membagi 2.000 lebih selebaran berisi protokol pencegahan penularan virus korona di 13 pasar tradisional dan pasar kaget di Kabupaten Nabire, Papua. APAP Nabire juga membagikan 1.250 masker di lokasi tersebut.

Hal itu dinyatakan Juru Bicara Asosiasi Pedagang Asli Papua atau APAP Nabire, Mikael Kudiai saat dihubungi melalui panggilan telepon pada Rabu (3/6/2020). “Selain itu kami juga  melakukan sosialisasi protokol kesehatan dan organisasi APAP kepada para pedagang di Pasar Sentra Nabire, Topo, Kilo, Pasar Sore, Pasar Pagi Wonarejo, Malompo, Satuan Permukiman A, Pasar Kali Susu, Kali Bobo, Karang Tumaritis, Pasar Oyehe, Pasar Pantai Nabire, dan Kilo 100. Kami sosialisasi tentang penggunaan masker, cara mencuci tangan, dan pola hidup sehat untuk menghindari penularan virus korona,” katanya.

Menurutnya, bahan-bahan sosialisasi seperti selebaran itu dicetak sendiri oleh APAP. Sementara masker yang dibagikan kepada para pedagang pasar itu merupakan donasi dari berbagai pihak.

“Masker dan selebaran itu dibagikan kepada pedagang asli Papua maupun non Papua. Kami juga  melakukan sosialisasi protokol kesehatan kepada masyarakat luas. Banyak pedagang amber [atau pendatang] yang [menerima] pembagian [selabaran dan masker] kami,” katanya.

Baca juga: Dimodifikasi, TCM TBC di RSUD Nabire bisa mendeteksi korona

Kudiai mengatakan sosialisasi, serta pembagian selebaran dan masker itu dilakukan untuk menghindari terjadinya transmisi lokal virus korona di pasar tradisional dan pasar kaget. Ia juga berharap sosialisasi APAP itu akan membuat masyarakat mau tinggal di rumah dan bersama-sama memutus rantai penularan virus korona.

Aktivis APAP, Roberta Muyapa menyatakan banyak pihak mengambil data identitas para pedagang pasar, namun belum juga memberikan bantuan kepada para pedagang pasar itu. “Sudah terlalu banyak janji-janji, tapi sampai sekarang tidak ada program atau bantuan sama sekali buat mama-mama pasar. Dari tahun ke tahun, mama-mama tidak mendapatkan apa-apa,” katanya.

Loading...
;

Meskipun Covid-19 masih mewabah di Indonesia dan Papua, pemerintah menggulirkan wacana pemberlakuan “New Normal” untuk memulihkan aktivitas ekonomi warganya. Akan tetapi aktivitas ekonomi warga harus mengikuti protokol kesehatan yang diatur Surat Edaran Menteri Kesehatan Nomor HK 02-01/Menkes/335/2020 tentang Protokol Pencegahan Penularan Corona Virus Disease (Covid-19) Di Tempat Kerja Sektor Jasa Dan Perdagangan (Area Publik) Dalam Mendukung Keberlangsungan Usaha. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top