APBD 2021 Tolikara fokus pembenahan ibu kota dan 4 daerah pembangunan

Ibu Kota Kabupaten Tolikara dipotret dari Bandara Karubaga. -Jubi/Islami

Papua No.1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Wakil Bupati Tolikara, Dinus Wanimbo, mengatakan saat ini eksekutif masih dalam tahap penyusunan materi Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) induk 2021, dimana ada beberapa yang menjadi fokus pembangunan seperti pembentukan/pembenahan wajah ibu kota Karubaga, serta sejumlah pembangunan infrastruktur, sarana prasarana berupa jalan dan jembatan di beberapa dapil atau daerah pembangunan.

Menurutnya, Tolikara membawahi empat daerah pembangunan atau kawasan tumbuh yaitu daerah pembangunan satu Karubaga dan sekitarnya, daerah pembangunan dua Kanggime dan sekitarnya, daerah pembangunan tiga Kembu dan sekitarnya dan pembangunan empat Bokondini dan sekitarnya.

“Arah dan kebijakan APBD 2021 nanti kami akan lihat dari empat kawasan tumbuh pembangunan, mana-mana yang dianggap penting membangun, sesuai dengan kebutuhan dasar masyarakat itu yang kami dorong di 2021,” katanya kepada wartawan, Rabu (30/12/2020), di Karubaga.

Selain itu pemerintah daerah Tolikara juga masih menganggarkan untuk penanggulangan Covid-19, sesuai dengan instruksi pemerintah pusat.

“Berapa yang disiapkan untuk dana Covid-19 di 2021, masih dalam pembahasan dan akan melihat tingkat risiko di Tolikara, sesuai hasil evaluasi dari tim satuan tugas untuk penyiapan di 2021 nanti,” katanya.

Di sisi lain selama penyerapan anggaran di 2020, dikatakan Dinus Wanimbo, pada awal tahun seluruh pemerintah daerah telah diperhadapkan dengan situasi Covid-19, sehingga sebagian besar DAU khusus pemkab Tolikara terpotong sekitar Rp 80 miliar lebih.

Loading...
;

“Makanya sebagian besar pembangunan infrastruktur kita tidak berjalan karena situasi pandemi saat ini, tetapi sebagian besar juga berjalan sesuai dengan peruntukan, perencanaan seperti jalan, jembatan, perumahan dan kelistrikan,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPRD Tolikara, Sonny A. Wanimbo mengatakan sesuai fungsi DPRD maka terus dilakukan pengawasan dan menganggarkan apa yang diajukan.

“Dalam waktu dekat akan dilakukan sidang untuk penetapan APBD 2021 sesuai dengan visi misi bupati dan wakil bupati, hanya anggaran yang nantinya diajukan, diminta sesuai kebutuhan dan menyentuh rakyat,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top