Follow our news chanel

APD bagi tenaga medis di Kabupaten Jayapura stoknya aman

Direktur RSUD Yowari Kabupaten Jayapura, Petronela Risamasu saat wawancara. Jubi / Engel Wally
APD bagi tenaga medis di Kabupaten Jayapura stoknya aman 1 i Papua
Direktur RSUD Yowari Kabupaten Jayapura, Petronela Risamasu saat wawancara. Jubi / Engel Wally.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Direktur RSUD Yowari Kabupaten Jayapura, Petronela Risamasu mengatakan, Alat Pelindung Diri (APD) saat ini menjadi kebutuhan penting seluruh masyarakat dunia sejak  Covid-19 mewabah.

Kebutuhan APD saat ini kata dia, sedikit mengalami kendala karena dari pengadaan barang hingga proses pengirimannya membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Semua membutuhkan barang yang sama, sehingga ketersediaannya juga tidak mudah,” ujar Petronela saat dihubungi melalui telepon di Sentani, Sabtu (4/4/2020).

Namun menurutnya, semua petugas medis di Rumah sakit yang dipimpinnya ini wajib menggunakan APD dalam melaksanakan tugas sehari-hari dalam memeriksa, dan merawat pasien.

“APD level satu ( masker, sarung tangan, tutup kepala ) itu wajib digunakan, untuk level dua seperti gaun, jas hujan, ataupun yang bisa menutupi dari kepala hingga kaki. Sementara yang level tiga digunakan khusus dalam ruang isolasi saat merawat dan memeriksa pasien PDP dan yang positif corona,” jelasnya.

Menurutnya, APD di  RSUD Yowari masih dalam kondisi normal untuk digunakan beberapa waktu ke depan.

Loading...
;

“Untuk saat ini pemerintah daerah terus memberikan perhatian penuh kepada kebutuhan seluruh tim medis yang menjalankan tugas dimasa bencana non alam ini,” katanya.

Sementara itu, Juru Bicara Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid -19 Kabupaten Jayapura, Khairul Lie mengatakan, kebutuhan APD bagi tim medis saat ini masih aman selama enam hari ke depan.

“Apabila jalur penerbangan sudah terbuka, maka alat pelindung diri yang dipesan bisa tiba di sini. Sementara untuk tim medis, alat pelindung diri yang digunakan minimal level dua. Sehingga proses penanganan pasien bisa berjalan dengan baik,” tutupnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top