Follow our news chanel

Previous
Next

APD di Jayawijaya mencukupi meski beberapa barang stoknya menipis

Pengiriman APD untuk Jayawijaya menggunakan pesawat CN-235 (A-2307) milik TNI AU dari Skadron Udara 27 Lanud Nanuhua Biak, Senin (20/4/2020). -Jubi/Islami
APD di Jayawijaya mencukupi meski beberapa barang stoknya menipis 1 i Papua
Pengiriman APD untuk Jayawijaya menggunakan pesawat CN-235 (A-2307) milik TNI AU dari Skadron Udara 27 Lanud Nanuhua Biak, Senin (20/4/2020). -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Wamena, dr. Felly Sahureka, mengatakan ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) dalam penanganan pasien positif Covid-19 di Jayawijaya saat ini mencukupi. Hanya saja ada beberapa barang yang stoknya mulai menipis.

Akan tetapi, kata dia, RSUD masih mendapat bantuan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayawijaya.

“Seperti antiseptic gel atau hand sanitizer juga memang tidak ada, walaupun kami sudah pesan di beberapa distributor, tetapi kami masih dapat bantuan beberapa jeriken dari bupati,” katanya, kepada wartawan di Wamena, Senin (20/4/2020).

Lanjutnya, sarung tangan medis masih tersedia tapi untuk sarung tangan steril ukuran M saat ini stoknya berkurang. Selain itu, pihaknya sangat membutuhkan masker N95 karena pemakaiannya meningkat seiring perawatan pasien di ruang isolasi.

“Petugas setiap kali ganti jaga tetap harus gunakan, begitu juga bagi petugas laboratorium yang mengambil swab hidung dan tenggorokan juga perlu, karena itu masker N95 paling dibutuhkan,” katanya.

Sedangkan untuk masker karet, katanya, stok yang ada di RSUD Wamena kini tinggal 1.867 kotak, yang per kotak isinya 50 lembar. Masker ini didatangkan sejak awal Maret dengan stok sebanyak 3.000 kotak.

Loading...
;

“Memang berjalannya waktu, masker karet ini akan berkurang, tetapi ada penambahan lain dari berbagai bantuan, karena kita juga membagikannya kepada pasien yang datang berobat,” katanya.

Menurutnya untuk APD khusus pakaian tenaga medis masih tersisa 313 buah. “Pakaian APD ini kan ada level 1, 2 dan 3, harusnya disesuaikan dengan level APD sehingga tidak terjadi pemborosan, misalnya harus menggunakan APD level 1 tetapi yang digunakan APD level 2. Tapi stok yang dibutuhkan selalu kami sampaikan ke provinsi, dimana setiap hari dilakukan update data kebutuhan APD.”

Sementara itu, Ketua Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 wilayah Lapago, Marthin Yogobi, terus mengajak para kepala daerah di wilayah Lapago untuk memberi perhatian dan bantuan, khususnya pembiayaan di RSUD Wamena yang telah ditunjuk sebagai rujukan di wilayah pegunungan tengah.

“Sejauh ini kami baru menerima sumbangan dari tiga kabupaten yaitu Lanny Jaya, Mamberamo Tengah dan Jayawijaya masing-masing satu miliar rupiah, sedangkan untuk Yalimo kemarin sudah ada pembicaraan dan menjanjikan bantuan yang sama,” kata Yogobi.

Ia berharap kabupaten pemekaran di wilayah pegunungan tengah Papua, harus mempersiapkan fasilitas pendukung dan perlengkapan. “Jangan sampai jika ada pasien yang sifatnya baru gejala lalu dirujuk ke RSUD Wamena, seharusnya yang bisa dirujuk ke Wamena adalah pasien yang dianggap butuh penanganan khusus seperti memerlukan oksigen atau dalam kategori berat. Kalau sifatnya baru gejala, saya pikir masing-masing rumah sakit di pegunungan tengah ini bisa merawat pasien di sana.”

Sebelumnya, Senin (20/4/2020), pengiriman APD yang diperuntukkan bagi petugas medis di Jayawijaya tiba di Wamena menggunakan pesawat CN-235 (A-2307) milik TNI AU dari Skadron Udara 27 Lanud Nanuhua Biak. APD pemberian Tim Gugus Tugas Covid-19 pusat ini berupa 100 buah baju hazmat, masker, disinfektan, obat-obatan dan berbagai kelengkapan lainnya.

“Untuk Papua masih terus dilakukan pendistribusian, kita sudah kerahkan tiga pesawat Hercules dari tiga skadron untuk membawa APD ke wilayah Papua,” kata Komandan Detasemen Pangkalan TNI AU Wamena, Mayor Penerbang Arief Sujatmiko. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top