Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Aplikasi e-Filing bantu tingkatkan kepatuhan wajib pajak

Salah satu perusahaan menerima penghargaan Kanwil DJP Maluku dan Papua atas kepatuhan membayar pajak. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Dalam rangka mendorong peningkatan kepatuhan wajib pajak (WP) di wilayah Papua, Kantor Wilayah DJP Papua dan Maluku menggelar kegiatan pekan panutan pajak di Kanwil DJP Papua dan Maluku, Kamis (27/2/2020).

Kepala Kanwil DJP Papua dan Maluku, Arridel Mindra, mengatakan dalam kegiatan tersebut pihaknya menghadirkan para pejabat tinggi di Papua, untuk terlibat dalam pelaporan SPT Tahunan melalui aplikasi e-Filing.

“Pekan panutan pajak kali ini dengan melibatkan pajabat tinggi di Papua, agar menjadi teladan sehingga meningkatkan kesadaran masyarakat untuk membayar pajak,” ujarnya.

Dikatakan Arridel, jumlah WP yang terdaftar di Kanwil DJP Papua dan Maluku sebanyak 850.428, dengan jumlah WP yang wajib lapor SPT sebanyak 373.091.

“WP yang lapor pada 2019 sebanyak 252.282 atau 87.82 persen. Diharapkan pekan panutan pajak melibatkan pejabat tinggi di Papua untuk mendorong peningkatan angka kepatuhan WP di wilayah Papua dan sekitarnya pada 2020,” ujar Arridel.

Arridel menambahkan, selain melibatkan pejabat tinggi di Papua untuk mendorong peningkatan kepatuhan wajib pajak, Kanwil DJP Papua dan Maluku gencar mensosialisasikan SPT secara elektronik bertujuan memudahkan WP.

Loading...
;

“Wajib pajak tidak perlu lagi mengantre di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) setempat untuk melaporkan SPT. Cukup menggunakan perangkat/gadget yang terhubung dengan internet, lapor SPT dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja,” jelas Arridel.

Pada kesempatan ini, Kanwil DJP Papua dan Maluku memberikan penghargaan baik kepada orang pribadi, usahawan, badan, dan bendahara atas partisipasi dalam memberikan dominasi pajak.

Asisten III Pemerintah Provinsi Papua, Ridwan Rumasukun, mengimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Papua dan masyarakat Papua sebagai WP, untuk melaporkan SPT dengan mendatangi KPP setempat atau melalui e-Filing.

“WP sebaiknya melaporkan SPT sebelum 31 Maret 2020. Untuk seluruh pejabat di lingkungan Pemprov Papua, apabila tidak melaporkan atau membayar SPT Tahunan pada awal Januari dan Februari 2020, maka tidak akan dibayarkan Tunjangan Perbaikan Penghasilan (TPP). Untuk pejabat di Pemprov Papua sudah 98 persen yang melaporkan SPT,” jelas Ridwan. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top