Follow our news chanel

Previous
Next

Arab Saudi pulihkan ibadah umrah dalam tiga tahap

papua, jubi
Mekah, Arab Saudi - Jubi/pixabay

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Kementerian Haji dan Umrah di Arab Saudi telah menetapkan pelonggaran dilakukan dalam tiga tahap. Meski tahapan itu bisa berubah atau dimodifikasi seiring dengan kajian yang berjalan dan situasi pandemi virus Corona.

“Walau kesehatan maysrakat tetap menjadi prioritas utama Kerajaan Arab Saudi, kami sedang mempelajari pemulihan tiga tahap,” ujar Menteri Haji dan Umrah Mohammad Saleh Benten, Selasa, (22/9/2020).

Baca juga : Pengamanan ibadah haji tahun ini melibatkan polisi perempuan 

Pandemi Covid-19, ratusan sekolah swasta di Arab Saudi potong separuh biaya pungutan 

Pemerintah Arab Saudi menahan ribuan jamaah haji ilegal

Fase pertama, warga negara Arab Saudi dan ekspatriat yang tinggal di sana akan diizinkan untuk menunaikan ibadah Umrah. Namun, layanan Umrah akan beroperasi dengan kapasitas 40 persen dari kapasitas normal.

Loading...
;

Kapasitas itu akan dinaikkan menjadi 75 persen pada fase kedua dan menjadi 100 persen pada fase ketiga . Lebih lanjut, pada fase ketiga, peziarah dari luar Kerajaan akan diizinkan untuk datang kembali. “Selama tiga tahap, tindakan pencegahan kesehatan yang ketat akan diberlakukan,” ujar Benten menambahkan.

Menurut Benten, kerajaan Arab Saudi juga ingin memberdayakan perusahaan umrah dan organisasi terkait. Tujuannya, agar dapat memberi layanan berkualitas tinggi. Aplikasi I’tamama, yang berberfungsi mempermudah jamaah dalam memesan perjalanan ibadah Umrah maupun Haji.

Ia mendorong Perusahaan Umrah untuk terus melakukan studi guna mengidentifikasi kebutuhan jamaah. Hal itu termasuk untuk mereka yang datang melalui negara transit. Dengan begitu, kualitas pelayanan bisa terus ditingkatkan.

Tercatat warga dari 80 negara sudah dapat mengunjungi Kerajaan Arab Saudi untuk Umrah tanpa memerlukan visa, dan jumlahnya akan meningkat. Arab Saudi berjanji akan terus memperbaiki sistem dan pelayanan untuk jemaah yang datang ke tanah suci.

“Sebanyak 30 perusahaan lokal dan internasional akan memberikan layanan kepada para jamaah melalui platform elektronik yang bisa membantu tindak lanjut atas setiap pemesanan,” ujar Benten yang mengklaim perusahaan Umrah sudah melayani lebih dari 16 juta Jamaah dari seluruh dunia. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top