Follow our news chanel

Arkeolog temukan Situs Triton di Teluk Wondama

Cangkang Triton di Situs Bukit Bukit Kampung Menarbu, Distrik Roon, Kabupaten Teluk Wondama - Antara/Balai Arkeologi Papua.
Arkeolog temukan Situs Triton di Teluk Wondama 1 i Papua
Cangkang Triton di Situs Bukit Kampung Menarbu, Distrik Roon, Kabupaten Teluk Wondama – Antara/Balai Arkeologi Papua.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tim Peneliti Balai Arkeologi Papua bersama Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (BP4D) Teluk Wondama menemukan Situs Triton di Pulau Roon. Situs tersebut berlokasi di lereng Bukit Kampung Menarbu, Distrik Roon, Kabupaten Teluk Wondama.

“Lokasi situs ditempuh sekitar 15 menit dengan perahu dari Kampung Menarbu. Kemudian, dilanjutkan dengan mendaki bukit hingga sampai ke lereng di bagian barat daya.  Di situ letak  situsnya,” kata peneliti senior Balai Arkeologi Papua Hari Suroto, Minggu (24/11/2019).

Peninggalan arkeologi pada situs tersebut berupa dua cangkang moluska laut, yakni kerang triton (Charonia tritonis).  Kedua cangkang triton tersebut terletak di permukaan tanah dengan posisi mulut menghadap ke atas.

Cangkang triton biasa dimanfaatkan sebagai alat musik tiup sejenis terompet. Namun, keberadaan situs tersebut disakralkan oleh warga setempat.

“Masyarakat Menarbu  memfungsikan (tiupan dari) kedua cangkang triton tersebut sebagai penanda datangnya musim buah-buahan. Jika kedua triton berbunyi khas pada sore hari atau menjelang malam, pohon-pohon di kebun atau di hutan akan segera berbuah,” jelas Hari.

Pohon buah yang banyak tumbuh di sekitar Menarbu ialah langsat, matoa, nangka, sukun, durian, jambu, dan mangga. Karena dianggap sakral, kedua cangkang triton tersebut tidak boleh dikunjungi sembarangan orang.

Loading...
;

“Untuk berkunjung ke situs itu, harus melapor dahulu ke Pemerintah Kampung Menarbu. Selanjutnya, mereka menunjuk pemandu (perjalanan ke lokasi) dari warga pemilik lahan ulayat situs,” kata Hari, yang juga Alumnus Universitas Udayana, Bali. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top