Artis dapat vaksinasi perdana, ini pendapat pengamat

Papua
Ilustrasi vaksin Covid-19 – dok. BPOM.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi – Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti, Trubus Rahadiansyah menyatakan kebijakan pemerintah memberikan vaksinasi perdana kepada artis sebagai bagian komunikasi publik. Trubus menilai kebijakan itu mendorong masyarakat, terutama generasi milenial agar mau mengikuti opublik figur melakukan vaksinasi.

“Vaksin ini, kan, untuk 18-58 tahun. Jadi keberadaan artis ini dianggap posisi strategis dalam rangka KIE: Komunikasi, Informasi, dan Edukasi,” kata Trubus Rahadiansyah, Sabtu (9/1/2021).

Baca juga : Ini daftar 10 nama penerima vaksin perdana Covid 19 di Papua 

Dinkes belum tahu kuota vaksin Covid-19 untuk Merauke 

Warga DKI tegaskan penolak vaksin Covid-19 bakal didenda Rp5 Juta

Keberadaan para artis tersebut juga diharapkan bisa mendorong artis-artis lainnya yang selama ini terang-terangan menolak vaksinasi. “Jadi mereka bisa menjadi trigger atau stimulus bagi yang lain untuk melakukan vaksinasi,” kata Trubus menambahkan.

Loading...
;

Trubus menilai, nama-nama seperti BCL, Raffi Ahmad, dan Najwa Shihab juga figur publik lainnya nantinya bisa memberikan evaluasi pelaksanaan vaksinasi kepada masyarakat. Apalagi jika mengingat masih banyak masyarakat yang masih awam dan minim informasi mengenai efektivitas vaksin.

Oleh sebab itu, melibatkan artis dan figur publik disebut menjadi bentuk kolaborasi antara publik bersama pemerintah. “Vaksin ini, kan, semuanya, ketersediaan vaksin bertahap. Ini hal wajar saja artis diikutsertakan, tokoh agama dan masyarakat juga dilibatkan pertama,” katanya.

Beberapa nama artis dan figur publik seperti Bunga Citra Lestari, Raffi Ahmad, serta Najwa Shihab disebut-sebut masuk daftar kelompok dan individu penerima vaksin Covid-19 perdana pada 13 hingga 15 Januari 2021. Hal  itu tersebar dari tangkapan layar yang berisi daftar kelompok dan individu penerima vaksin corona berlogo Kementerian Kesehatan RI. Slide yang beredar di media sosial itu bertajuk ‘Rencana Penyuntikan Perdana 13-15 Januari 2021’.

Manajer Raffi Ahmad, Prio, mengonfirmasi artisnya akan menjalani vaksinasi pada 13 Januari. Sedangkan manajer BCL, Doddy, mengatakan pihaknya masih menunggu arahan dari pemerintah menanggapi kabar tersebut. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top