Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

ASN di Papua berkontribusi besar atas penyaluran zakat

Ketua Baznas Papua, Merza Edy Nadzari, saat berbincang dengan penerima zakat – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Ketua Badan Amin Zakat Nasional (Baznas) Papua, Merza Edy Nadzari, mengatakan sebagian besar sumber penerimaan zakat yang dikumpulkan Baznas Papua dari Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Tahun 2019 potensi zakat Rp3,4 miliar. Dari Rp3,4 miliar ini 80 persen adalah zakat, sisanya dari infak dan sedekah,” ujar Merza di Jayapura, Sabtu (22/2/2020).

Dikatakan Merza, zakat merupakan pembersih dan penambah harta bagi pemberinya baik perorangan maupun perusahaan.

“Dan, yang paling tersebesar dari penerimaan Baznas Papua adalah dari unsur zakat penghasilan ASN, dan zakat profesi ini menempasti posisi paling atas,” ujar Merza.

Dikatakan Merza, saat ini ada 2.0200 muzaki (orang yang dikenal kewajiban membayar zakat atas kepemilikan harta yang telah mencapai nishab atau haul) dari ASN.

“Ini terus naik karena potensi kami ada 5.000 ASN di Papua. Mudah-mudahan potensi ini terus bisa kami kembangkan sehingga harapan Baznas Papua untuk lebih berkiprah dalam pemberdayaan masyarakat bisa terwujud,” jelas Merza.

Loading...
;

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Papua, KH. Saiful Islam Al Payage, mendorong Badan Amil Zakat (Baznas) Papua agar terus melakukan sosialisasi sehingga masyarakat mau mengeluarkan zakat.

“Potensi zakat itu harus bisa dimanfaatkan sehingga bisa bermanfaat untuk masyarakat Papua. Baznas terus membangun komunikasi. Kadang orang-orang kaya harus didatangi,” ujar Payage di LPTQ Papua, Jumat (21/2/2020).

Payage berharap kepada warga yang mampu agar jangan pernah bosan mengeluarkan zakat karena merupakan simpanan atau investasi di dunia dan akhirat.

“Bapak dan ibu yang rezekinya dimudahkan Allah, selama hidupnya mengeluarkan zakat, Insya Allah akan menjadi pundi-pundi amal yang akan menyelamatkan di akhiran nanti,” ujar Payage. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca juga artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top