Follow our news chanel

Previous
Next

Asrama militer di Solo jadi klaster baru penularan Covid-19

papua, pilkada, covid 19
Ilustrasi pandemi Covid-19 - Pexels.com.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Solo, Jubi – Delapan warga Asrama Militer (Asmil) di Kelurahan Banjarsari Kecamatan Banjarsari terkonfirmasi positif Covid-19. Kodim 0735/Surakarta mengambil berbagai langkah antisipasi untuk mencegah penyebaran virus corona.

“Yang positif sudah dirawat semua di RS Bung Karno,” kata Komandan Kodim (Dandim) 0735/Surakarta, Letkol (Inf) Wiyata Sempana Aji.

Baca juga :  Sekolah calon perwira TNI jadi klaster baru penularan Covid-19 

Asrama Cendrawasih jadi klaster Covid-19 terbesar kedua di Jakarta 

Aturan isolasi pasien Covid-19 di Jakarta, DPRD sebut Anies plin plan

Menurut Aji, anggota TNI yang terinfeksi berasal dari berbagai satuan,mereka bertugas di Solo dan kabupaten sekitar.

Loading...
;

Tercatat ada tiga kasus pertama teridentifikasi Kamis (8/10/2020). Dari tiga kasus tersebut petugas kesehatan melakukan contact tracing dan menemukan 5 kasus positif lainnya. Mereka adalah kontak erat dari keluarga dan tetangga kasus awal.

Mengingat lingkungan Asmil Banjarsari berupa rumah susun, contact tracing ke-70 orang dilakukan terhadap mereka yang melakukan kontak erat dan dekat dengan delapan kasus awal. Aji mengatakan mereka telah menjalani pengambilan sampel swab.

“Tes swabnya tadi [Jumat] pagi. Mudah-mudahan hasilnya tidak ada tambahan kasus lagi,” kata Aji menambahkan.

Saat ini mereka tengah menjalani isolasi mandiri. Asmil berupa rumah susun tersebut juga sudah disemprotkan cairan disinfektan. Ia mengatakan selama bertugas, anggotanya telah mematuhi protokol kesehatan. Munculnya klaster Asmil Banjarsari ini menunjukkan bahwa Covid-19 dapat menimpa kepada siapa pun.

“Semua warga, termasuk kami punya potensi sama untuk terpapar. Apalagi kami yang sering berkontak dengan orang banyak saat bertugas,” katanya.

Tercatat di Solo ada 15 kasus Covid-19 baru. Satu dari pasien suspek yang naik kelas menjadi kasus konfirmasi, 3 dari uji swab mandiri, 10 dari contact tracing, dan satu kasus dari screening warga risiko tinggi. seorang  pasien suspek yang naik kelas jadi kasus konfirmasi, kemudian 3 orang dari uji swab mandiri, 10 orang hasil tracing kontak, dan seorang hasil screening warga risiko tinggi.

Ketua Pelaksana Harian Satuan Tugas Covid-19 Kota Solo, Ahyani mengatakan dari delapan kasus konfirmasi di Asmil Banjarsari, ada tiga yang masuk catatan Kamis (8/10/2020). Lima kasus lainnya masuk catatan Jumat

“Yang lima itu hasilnya baru kita terima hari ini. Makanya masuk daftar hari ini,” katanya. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top