Atlet layar Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Riau berlatih di Hamadi Jayapura

Atlet layar laser 470 Muhamad Slamet alias Mamat atlet asal Provinsi Riau saat berpose dengan perahu layar di venue layar Hamadi Pantai Lantamal X Kota Jayapura-Jubi/dam

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi- Jelang Pekan Olahraga Nasioanl (PON) Papua ke XX peserta dari provinsi lain sudah berdatangan. Atlet layar dari Provinsi Kepulauan Riau dan Provinsi Riau telah menempati perumahan Lantamal X Hamadi untuk berlatih menyesuaikan diri dengan lingkungan venue layar di Pantai Hamadi, Kota Jayapura.

“Kami sudah hampir dua minggu di sini untuk berlatih dan menyeseaikan diri dengan lingkungan dan alam di venue layar pantai Hamai ini,”kata Muhamad Slamet atlet layar laser 4,70 kepada jubi.co.id di venue layar di pantai Hamadi, Selasa (14/9/2021) siang.

Dia menambahkan dari Provinsi Riau hanya mengirimkan satu atlet layar ke PON Papua sedangkan dari Provinsi Kepulauan Riau sebanyak 8 atlet layar. “Kami berangkat lebih awal adalah untuk beradaptasi dengan lingkungan. “katanya.

Hal senada juga dikatakan atlet layar standart 470 dari Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Achamad bahwa tim atlet layar Provinsi Kepri berangkat dari Bandara Hang Nadim pada 31 Agustus 2021 lalu. “Kami berangkat lebih awal untuk menjalani training camp (TC) sebelum berlaga di PON Papua,”kata peraih medali perak PON Jawa Barat 2016 lalu.

Menurut Achmad target dalam PON Papua adalah meraih medali emas, walau pun tim lain juga ingin meraih medali emas. “Target saya tetap emas karena dalam PON Jawa Barat 2016 sudah pernah meraih medali perak,”katanya.

Mengutip https://ariranews.com bahwa Cabang Olahraga (cabor) layar menjadi andalan Provinsi Kepri dalam meraih medali emas di PON Papua. Cabor layar sudah menunjukkan prestasinya di PON XIX Jawa Barat 2016 lalu. Cabor layar Kepri menyumbangkan 5 medali emas dan 2 perunggu.

Sebelumnya pada PON XVIII/ 2012 Riau, cabang layar raih 3 emas, 1 perak dan 1 perunggu. PON yang pertama kalinya Kepri ikut, yakni PON Kalimantan Timur (Kaltim) 2008, layar sumbangkan 2 emas dan 2 perak.

Loading...
;

Selain tim layar Riau, tim dari Maluku sudah tiba di Kota Jayapura, pada Selasa (7/9/2021) dengan membawa peralatan perahu jenis laser radial dari Batam. Mengutip https://www.malukuterkini.com Humas KONI Provinsi Maluku Izaac Tulalesi mengatakan latihan atlet layar Maluku Gieska Silahoi sudah berlatih sejak Kamis (9/9/2021) lalu.

Tim cabang olahraga layar Jawa Barat menargetkan meraih tiga medali emas dalam ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

Pelatih tim layar Jawa Barat Diki Zulfikar mengatakan target raihan emas itu berasal dari nomor pertandingan optimist putra, radial putri, 470 putra, dan laser standard.

“Target kita adalah meraih tiga medali emas, mudah-mudahan bisa nambah jadi empat atau lebih,” kata Diki di Bandung, Jawa Barat seperti dimuat Antara, Sabtu (11/9/2021).

Menurut Diki, tim Jawa Barat bakal menurunkan 11 atlet yang akan mengikuti 12 nomor pertandingan pada cabang layar. Para atlet itu kombinasi dari atlet senior maupun yang masih junior.

“Kalau strategi permainan dari atlet senior sudah bagus, cuma para atlet junior yang kadang bisa menyesuaikan dan kadang tidak, dan di sisa waktu ini kita akan memantapkan itu,” kata Diki.

Saat PON XIX 2016, Jawa Barat berhasil meraih dua medali emas dari cabang layar tersebut. Dua emas itu berasal dari atlet bernama Sujatmiko yang bertanding dalam dua nomor pertandingan.

“Dua-duanya dari kang Sujatmiko, dan yang lainnya kita kebanyakan dapat perak. Kalau sekarang kang Miko juga berpeluang dapat dua emas, peluangnya cukup besar,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top