Loading...

TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Atlet NPC Papua perkuat Timnas Boccia Indonesia

Papua
Atlet Boccia NPC Papua, Rexus Ohee saat berlatih / Istimewa

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Prestasi kontingen National Paralympic Committee (NPC) Papua pada Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) XVI bulan November 2021 lalu sebagai juara umum akhirnya mendatangkan minat besar dari tim nasional NPC Indonesia.

Salah satunya, atlet asli Papua yang bermain di cabang olahraga khusus atlet disabilitas Boccia, Rexus Ohee, yang dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia bagi cabang olahraga (cabor) Boccia dalam persiapan menuju Asian Para Games di Hangzhou, Tiongkok, pada tanggal 9-15 Oktober 2022 mendatang.

Dipanggilnya atlet asli Sentani, Kabupaten Jayapura itu berkat kerja kerasnya saat bertanding membela kontingen Papua pada iven Peparnas XVI lalu.

Rexus Ohee bergabung bersama sembilan atlet NPC dari seluruh Indonesia. Mereka telah menjalani latihan terpusat di Solo, Jawa Tengah.

“Iya benar sekali, dari cabor Boccia Papua ada satu atlet kita namanya Rexus Ohee. Dia dipanggil untuk memperkuat timnas Indonesia, dan awal bulan tahun ini sudah tiba di Solo untuk menjalani latihan terpusat,” kata pelatih kepala Boccia Papua, Naomi Awoitouw di Jayapura, baru-baru ini.

Pada Peparnas XVI lalu, Rexus ikut mengantarkan tim Boccia Papua meraih medali perunggu. Atlet NPC Papua itu akan turun di nomor Boccia Individual BC3. Ia menjadi satu-satunya atlet Indonesia yang akan bermain di nomor tersebut.

“Hasil Peparnas kemarin dia dapat medali perunggu di Boccia memperkuat Indonesia di nomor BC3 dan satu-satunya atlet Indonesia yang akan bermain di nomor itu,” ujarnya.

Rexus Ohee lebih dulu akan menjalani latihan di Solo, Jawa Tengah hingga bulan September. Sebelum bertolak ke Tiongkok, Rexus akan menjalani ujicoba tanding di luar negeri.

“Dia sudah latihan di Solo sampai dengan bulan September, karena Oktober mereka ke luar bertanding. Kalau ujicoba nanti di luar Indonesia, itu di bulan Juni Indonesia ujicoba. Saya kesana untuk antar dan melihat kondisi latihan, terus pelatih siapa yang tangani dan sampaikan bagaimana cara untuk menangani atletnya saya,” pungkasnya.

Sebelumnya, Ketua NPC Indonesia Papua, H. Jaya Kusuma mengatakan, sejumlah atletnya yang dipanggil ke Pelatnas merupakan atlet-atlet berprestasi yang berhasil menyumbangkan medali bagi kontingen Papua.

“Jadi sekarang NPC Indonesia Pusat memanggil atlet-atlet kita yang beberapa bulan kemarin meraih prestasi di Tanah Papua saat mengikuti Peparnas XVI,” kata Jaya Kusuma.

Para atlet penyandang disabilitas terbaik asal Papua itu saat ini sedang berada di Kota Solo, Jawa Tengah untuk menjalani Pelatnas persiapan ajang ASEAN Para Games di Vietnam dan beberapa iven internasional lainnya.

“Nah sekarang ini mereka sudah ada di Solo mengikuti Pelatnas untuk persiapan ASEAN Para Games Vietnam dan juga untuk tingkat Asia Para Games di Hangzhou, tahun 2022. Sekarang mereka lagi dilatih di sana, ada beberapa atlet Papua kita yang tadi saya sebutkan. Ini sesuai dengan surat pemanggilan dari NPC Pusat kepada NPC Papua,” ujarnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us