Atlet Papua catat lima rekor baru di PON XX

Papua
Perenang Papua, Farrel ArmandioTangkas (Kiri) berhasil merebut medali emas cabang olahraga renang di nomor 200 meter Gaya Punggung Putra PON XX Papua di Kolam Akuatik Kampung Harapan, Kabupaten Jayapura, Sabtu (9/10/2021) (PB PON XX Papua/Husni Yamin)

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua telah berakhir. Beragam cerita dan rekor baru sudah tercipta sepanjang hajatan olahraga akbar di Indonesia itu. Dari 90 rekor yang tumbang, 5 rekor di antaranya sukses dibukukan oleh atlet tuan rumah.

Tiga orang atlet Papua yang berhasil membukukan rekor baru yakni Seila Waimuri di disiplin olahraga Angkat Berat. Seila membuat 2 rekor bench press sekaligus di kelas 84 kg putri dengan total angkatan 285 kg. Ia memecahkan rekor nasional atas namanya sendiri yang pernah dibuat pada Pra PON tahun 2019 dengan total angkatan 272,2 kg. 

Sementara untuk rekor PON ia memecahkan rekor milik Sri Rahayu yang dibuat pada PON XIX Jawa Barat tahun 2016 dengan angkatan 161 kg.

Rekannya di disiplin yang sama, Semi Hisage juga membuat 2 rekor squat sekaligus di kelas 120 kg putra. Semi membuat rekor baru nasional dengan angkatan 375 kg mengalahkan rekor yang pernah dibuat oleh Goncalwes Sirait di Pra PON 2019 dengan total angkatan 372,5 kg. Rekor yang dibuat oleh Semi itu juga sekaligus menjadi rekor baru PON mengalahkan angkatan Goncalwes Sirait di PON XIX Jawa Barat tahun 2016.

Sementara dari kolam Akuatik, Farrel Armandio Tangkas juga membukukan rekor baru di nomor spesialisnya, 200 meter gaya punggung putra dengan catatan waktu 2:01.94 detik. Catatan waktunya itu mengalahkan rekor milik Ricky Anggawijaya yang dibuat pada PON XIX Jawa Barat tahun 2016 dengan catatan waktu 2:02.84 detik.

Untuk rekor nasional, masih dipegang oleh Farrel Tangkas dengan catatan waktu 2:01.16 detik. Rekor itu ia bukukan pada kejuaraan Jakarta Swimming Championship 2019.

Khusus untuk Farrel, perenang nasional ini memang disiapkan untuk menyumbangkan medali emas bagi Papua dari disiplin renang. Farrel memang tak hanya berhasil membuat rekor baru PON, tapi juga menyumbangkan 1 medali emas dan 4 medali perak dan 1 medali perunggu.

Loading...
;

Pencapaian Farrel itu terbilang luar biasa, karena PON XX ini merupakan ajang PON pertamanya.

“Saya bergabung dengan kontingen Papua sejak tahun 2019. PON XX menjadi PON pertama saya. Di SEA Games 2019 saya mendapat medali perak, lalu di Asean School Games 2019 juga saya memperoleh dua emas. Saya pemegang rekor nasional di 200 meter gaya punggung putra tahun 2019. Target untuk PON Papua ini saya hanya menargetkan yang terbaik, optimis pun sudah menjadi kewajiban saya sebagai atlet agar dapat tampil dengan maksimal di PON XX ini,” kata Farrel.

Atlet-atlet Papua tak hanya berhasil membuat rekor, tapi juga mencatatkan sejarah baru dengan finis di posisi ke-4 mengumpulkan 93 medali emas, 66 medali perak dan 102 medali perunggu.

Atas pencapaian itu, Sekretaris Umum KONI Papua, Kenius Kogoya melayangkan apresiasi pencapaian kontingen Papua di PON XX.

“Harapan kita kedepan duta-duta olahraga akan muncul dari tanah papua. Supaya kita tidak hanya menjadi legenda di tanah sendiri tetapi juga bisa mengharumkan nama bangsa Indonesia dikancah internasional,” katanya. (*)

Editor: Edho Sinaga

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top