Follow our news chanel

Previous
Next

Atlet selam dan anggar PON Papua intens latihan

Atlet selam Papua saat berlatih di Teluk Humboldt di depan kantor Gubernur Papua. - Jubi/Dok POSSI Papua

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Atlet serta pelatih cabang olahraga selam dan anggar PON Papua intens latihan demi menjaga performa.

Meski di tengah merebaknya pandemi global virus korona, para atlet PON Papua ini diberikan porsi latihan sesuai program, namun tidak secara penuh seperti di masa normal.

Para atlet dan pelatih senantiasa tetap mengikuti protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah mengingat situasi yang belum kondusif akibat pandemi.

Sekretaris Pengurus Provinsi Ikatan Anggar Seluruh Indonesia (Pengprov IKASI) Papua, Rahmat Maribun, mengatakan sejak November tahun lalu, sebanyak 24 atlet anggar telah melakukan pemusatan latihan di Kota Bogor, Jawa Barat.

“Pandemi virus korona yang belum mereda membuat pengurus memutuskan untuk tetap latihan di areal hotel, hal itu juga sebagaimana dianjurkan oleh KONI Papua, karena kesehatan atlet menjadi prioritas utama,” katanya, kepada pers di Jayapura, Rabu (3/6/2020).

Pria yang akrab dipanggil Koko itu mengatakan, program latihan tetap berjalan tetapi para atlet tetap menjalankan protokol kesehatan yang disampaikan oleh pemerintah seperti physical distancing dan selalu menggunakan masker.

Loading...
;

“Atlet anggar PON Papua tetap latihan. Pada prinsipnya, atlet kita dalam menjalakan latihan ikuti semua protokol kesehatan,” kata Koko.

Sementara itu, terkait keputusan pemerintah memberlakukan New Normal di wilayah Jakarta dan sekitarnya, menurut Rahman, dijadikan kesempatan bagi atlet Papua melakukan uji tanding.

“Kami prinsipnya menunggu keputusan pemerintah, kalau kondisi sudah normal, para atlet bisa mencari lawan tanding di daerah Jakarta dan sekitarnya,” ucapnya.

Dia juga menambahkan bahwa pengurus IKASI Papua memilih pemusatan latihan di Bogor, karena fasilitas yang memadai maupun banyak lawan tanding.

“Di Jawa Barat dan Jakarta banyak klub anggar yang bisa kita jadikan sebagai lawan tanding, karena di Jayapura sendiri tidak ada klub anggar,” ujarnya.

Rahmad menegaskan jelang PON XX, pengurus IKASI akan menyiapkan atlet terbaik dan keputusan pelatih selalu didukung oleh pengurus untuk mempersembahkan prestasi terbaik demi mengharumkan Tanah Papua.

Hal serupa juga dilakukan cabor selam laut, mereka sempat kecewa akibat tundanya PON, namun ada hikmah di balik penundaan itu.

“Atlet kami memang sempat kecewa PON ditunda, tapi mau bagaimana lagi dalam situasi seperti saat ini. Kita ambil hikmahnya saja dari mewabahnya penyakit korona,” kata pelatih selam Papua, Adventinus Sembiring.

Sembiring mengatakan, program latihan sementara disesuaikan dengan kondisi pandemi korona yang melanda dunia hingga ke Papua, namun atlet tetap intens latihan. Dimana saat berlatih, baik atlet dan pelatih tetap berpedoman pada protokol kesehatan.

“Selama latihan tetap gunakan masker, tetap jaga jarak ketika berlatih di luar ruangan maupun di dalam ruangan. Hingga saat ini jumlah atlet selam PON papua dalam kondisi sehat. Saat ini sebanyak 7 atlet yang berlatih dan sisanya sementara izin melaksanakan tugas karena profesinya sebagai anggota TNI AD dan TNI AL,” kata Sembiring. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top