TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Atletnya masuk skuad SEA Games, Dayung Papua masih jadi langganan Timnas

papua
Tim dayung Papua usai tampil di ajang PON XX lalu / Sudjarwo Husain

 

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Cabang olahraga (cabor) dayung menjadi yang terbanyak mengirimkan atletnya untuk kontingen Indonesia yang akan tampil di ajang SEA Games Hanoi, Vietnam, pada 12 – 23 Mei mendatang. Total dari 476 atlet yang akan dikirim, 30 atlet berasal dari dayung kano dan perahu naga, sementara dari dayung rowing sebanyak 34 atlet.

Dari total 64 atlet dayung Indonesia itu, tiga di antaranya merupakan pedayung putri Papua. Mereka yakni Stevani Maysche Ibo, Sella Monim dan Ester Daimoy.

Pelatih dayung Papua, Vines Kambay saat dikonfirmasi awak media Jubi mengatakan, dari delapan atlet dayung Papua yang dipanggil ke Pemusatan latihan nasional (Pelatnas), hanya tersisa tiga atlet yang dipersiapkan untuk SEA Games di Vietnam.

“Kita ada tiga orang atlet yang dipanggil, sebenarnya ada sekitar delapan orang yang dipanggil ke Pelatnas kemarin tapi sebagian sudah dikembalikan. Dan sementara tersisa tiga orang. Sella Monim di nomor Kano, Stevani Maysche Ibo dan Ester Daimoy. Stevani dan Ester dari nomor Kayak. Rowing tidak ada,” kata Vines kepada awak media Jubi, Kamis (31/3/22).

Baca juga: 

Atlet Dayung Papua Berjaya di Sea Games 2015

Hanya saja, Vines menuturkan, ada kabar yang beredar jika Ester Daimoy akan dipulangkan karena berdasarkan hasil tes terakhir tidak mencapai target waktu.

“Cuma ada informasi katanya Ester mau dipulangkan karena hasil tes tidak menyentuh target waktu. Tapi nanti kita cek lagi apakah benar info tersebut,” ujarnya.

Masuknya tiga pedayung putri Papua itu ke timnas SEA Games memperpanjang tradisi dayung Papua, yang mana diketahui dayung Papua selama beberapa tahun terakhir masih menjadi langganan tim nasional Indonesia.

Vines mengungkapkan, walaupun hanya tiga atlet saja yang lolos ke skuad SEA Games, namun ia berharap perwakilan Papua tetap harus ada di timnas.

“Kami berharap intinya perwakilan dari dayung Papua tetap ada di timnas Indonesia. Biar ke PON berikutnya kita bisa punya kans lagi untuk memberikan medali emas lagi, biar sekalian menambah jam terbang mereka untuk lebih bagus lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Stevani Maysche Ibo, pedayung putri Papua yang sudah bermandikan prestasi di ajang nasional maupun di level Asia enggan membocorkan pemanggilannya ke timnas Indonesia. Ia mengaku belum tahu apakah namanya masuk dalam timnas SEA Games atau tidak.

“Saya belum tahu ikut atau tidak, nanti kalau jadi ikut baru saya infokan. Soalnya saya juga baru dapat kabar tadi siang katanya mau TC ke Bulgaria. Cuma belum tahu itu pasti atau tidak. Kalau benar, berarti saya ikut ke SEA Games,” kata pedayung yang akrab disapa Vani itu.

Pedayung putri Papua kerap menjadi primadona saat memperkuat timnas Indonesia di ajang SEA Games. Sebut saja, ada Erni Sokoy yang pernah mempersembahkan medali emas di SEA Games 2013 dan 2015. Prestasi tersebut kemudian dilanjutkan oleh Stevani Maysche Ibo dengan menyumbangkan medali emas dan dua perak bagi timnas Indonesia pada SEA Games 2019. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us