Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Badan Geologi petakan dan mengidentifikasi penyebab banjir bandang Sentani

Batu-batu gunung yang besar hanyut terbawa air dari Gunung Cyclops hingga ke tengah Kota Sentani - Jubi/Engel Wally
Badan Geologi petakan dan mengidentifikasi penyebab banjir bandang Sentani 1 i Papua
Batu-batu gunung yang besar hanyut terbawa air dari Gunung Cyclops hingga ke tengah Kota Sentani – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi –  Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral melalui Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi telah menurunkan tim untuk membuat pemetaan dan mengidentifikasi penyebab banjir bandang yang menerjang Kabupaten Jayapura pada 16 Maret 2019 silam. Tim tersebut telah bekerja sejak 20 Maret lalu.

Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Kasbani menyatakan laporan tim itu menyimpulkan limpahan debit air yang tingggi (overflow) di sejumlah sungai pegunungan Cycloop menjadi salah satu penyebab utama banjir badang pada 16 Maret lalu. Menurutnya, peningkatan debit air yang ekstrem di sejumlah sungai pegunungan Cycloop terjadi akibat sangat tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Jayapura sepanjang 16 Maret lalu.

Baca: Menekuri jejak bah di Kali Kemiri, Sentani

Tingginya intensitas curah hujan, rinci Kasbani, mengakibatkan daerah permukaan menjadi lebih rendah dan terjadi penjenuhan air secara cepat sehingga air tak mampu terserap lagi oleh tanah. Akibatnya, air itu terakumulasi menjadi banjir bandang yang menerjang sejumlah wilayah di Kabupaten Jayapura.

“Ini didukung pula dari keterjalan lereng dan perubahan dari lembah sungai yang relatif sempit lembah menjadi lembah sungai terbuka. Identifikasi ini diikuti dengan pembelokan beberapa alur sungai,” terang Kasbani.

Ketua tim lapangan tersebut, Agus Budianto menyatakan hasil pemetaan kondisi terbaru Cycloop itu telah dikonsolidasikan dengan Pemerintah Daerah setempat melalui Bupati Jayapura Mathius Awoitauw. Hasil pemetaan itu dapat digunakan untuk mencegah bencana serupa terulang.

Loading...
;

Editor: Aryo Wisanggeni G

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top