Bahas situasi Papua, para pengambil kebijakan sepakati sejumlah poin

Papua
Suasana pembahasan masalah konflik di Papua di DPR Papua - Jubi/Arjuna

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Para pengambil kebijakan di Papua menyepakati sejumlah poin menyikapi situasi keamanan di provinsi tertimur Indonesia itu, dalam pertemuan yang diinisiasi DPR Papua di gedung DPR Papua, Senin (22/11/2021).

Ketua DPR Papua, Jhony Banua Rouw mengatakan dalam pertemuan pihaknya membahas situasi konflik di beberapa kabupaten. Kali ini pembahasan fokus pada situasi Intan Jaya.

“Kami sepakati beberapa langkah. Kami akan buat surat seruan kepada semua pihak, TNI/Polri, TPNPB, dan masyarakat agar mengambil sikap tenang, tidak menciptakan konflik di daerah. Jangan membuat aksi yang berdampak pada masyarakat menjelang suasana perayaan Natal. Kita mau masyarakat merayakan Natal dengan baik,” kata Jhony 

Banua Rouw usai pertemuan, Senin petang. Katanya, para pihak juga sepakat membentuk tim bersama. Tim akan mengkaji memberikan rekomendasi kepada Presiden Joko Widodo serta semua pemangku kepentingan, agar langkah kongkrit selesaikan masalah Papua. 

“Salah satunya, kami akan minta izin Blok Wabu ditinjau kembali. Meminta penempatan pasukan non organik dari pusat harus berkoordinasi atau atas permintaan pangdam atau Kapolda dan atas kendali Kapolda dan Pangdam,” ucapnya.

Menurutnya, dengan begitu penempatan pasukan dari luar harus sesuai kebutuhan di Papua. Dalam melaksanakan tugas, pasukan itu di bawah kendali Kapolda dan Pangdam.

Dengan begitu, ketika mengambil langkah penegakan hukum, dapat mengedepankan kearifan lokal karena Kapolda dan Pangdam memahami karakter dan budaya masyarakat di Papua.

Loading...
;

Ia menambahkan tim bersama itu, juga akan kerja berkelanjutan. Akan ada pertemuan berikut pada awal Desember 2021.

“Akan kami buat rekomendasi dan solusi, bagaimana selesaikan masalah di Papua. Kami imbau masyarakat tenang, tidak terprovokasi. Bagi aparat keamanan dan TPNPB, agar sama-sama menahan diri agar suasana bisa damai dan aman jelang Natal,” kata Jhony Banua Rouw. 

Pertemuan itu dihadiri DPR Papua, Majelis Rakyat Papua, Polda Papua, Kodam XVII Cenderawasih, Kejaksaan Tinggi Papua, Bupati Intan dan DPRD Intan Jaya, pihak gereja, serta sejumlah pihak lainnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top