Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Balai Taman Nasional Lorentz ingatkan hutan harus bermanfaat bagi masyarakat

Plt Sekda Jayawijaya saat memimpin upacara Hari Bakti Rimbawan ke-37 2020 di halaman Kantor Balai Taman Nasional Lorentz. -Jubi/Islami
Balai Taman Nasional Lorentz ingatkan hutan harus bermanfaat bagi masyarakat 1 i Papua
Plt Sekda Jayawijaya saat memimpin upacara Hari Bakti Rimbawan ke-37 2020 di halaman Kantor Balai Taman Nasional Lorentz. -Jubi/Islami

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Para rimbawan dan rimbawati yang bekerja di Balai Taman Nasional Lorentz di Jayawijaya, Senin (16/3/2020), menggelar upacara bendera dalam rangka Hari Bakti Rimbawan ke-37 2020 yang dipimpin Pelaksana tugas (Plt) Sekda Jayawijaya.

Kepala Balai Taman Nasional Lorentz, Acha A. Sokoy mengatakan, peringatan Hari Bakti Rimbawan ke-37 tahun ini mengusung tema “Hutan Untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat”.

Balai Taman Nasional Lorentz ingatkan hutan harus bermanfaat bagi masyarakat 2 i Papua

“Artinya hutan harus bermanfaat bagi masyarakat dan memberikan kesehatan bagi lingkungan, jadi sehat dari hulu sampai hilir,” kata Sokoy.

Menurutnya, berbagai visi misi presiden diselaraskan dengan program kerja Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, sehingga banyak kebijakan yang berpihak kepada mayarakat adat dan masyarakat lokal di pinggiran, sesuai nawacita presiden.

“Masyarakat tidak bisa dipisahkan dari alam, hutan dan ladang karena merupakan satu paket yang sudah turun temurun, pemerintah hanya bisa mengelola. Jadi kita mendorong supaya masyarakat diberdayakan, untuk bisa kelola sumber daya yang ada demi kemandirian sesuai visi misi gubernur yang juga sejalan dengan tema yang diusung,” katanya.

Lanjutnya, bersama seluruh komponen rimbawan dalam hal ini gabungan dari Balai Taman Nasional Lorentz yang merupakan unit pelaksana teknis dari kementerian, Dinas Kehutanan dan Lingkungan Hidup melalui UPT KPHL Jayawijaya, dilaksanakan kegiatan bersih-bersih lingkungan terutama sampah plastik.

Loading...
;

“Hal ini juga masih berkaitan dengan rangkaian bulan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang dimulai 21 Februari sampai akhir Maret nanti,” katanya.

Sementara itu, Plt Sekda Jayawijaya, Tinggal Wusono, mengatakan sesuai dengan amanat Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, pemerintah daerah akan bersinergi untuk mengoptimalisasikan tugas-tugas pemberdayaan masyarakat.

“Bagaimana masyarakat di sekitar hutan yang ada di Jayawijaya ini sama-sama kita bisa berdayakan secara baik,” katanya.

Pada prinsipnya, kata dia, Pemerintah Kabupaten Jayawijaya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Balai Taman Nasional Lorentz, baik dalam rangkaian kegiatan maupun peringatan Hari Bakti Rimbawan ini.

“Kontribusi mereka dalam rangka pengelolaan hutan menjadi baik, sinergitas, dan mereka juga ikut bertanggung jawab agar bagaimana bisa melindungi dan mengelola hutan-hutan,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top