Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Balai wartawan Tonga diresmikan

Pejabat Plt. Wakil Komisaris Polisi Tonga, Tevita Vailea berpidato pada acara peresmian balai wartawan Tonga di Davina House, Ma’ufanga pada 24 Juli 2020. - Matangi Tonga/ Tonga Police

| Papua No.1 News Portal | Jubi

Nuku’alofa, Jubi – Sebuah balai wartawan untuk jurnalis, yang dibentuk oleh Asosiasi Media Tonga (Media Association of Tonga; MAT) yang baru, diresmikan Jumat lalu, 24 Juli, di Davina House, Ma’ufanga.

Peresmian itu dihadiri oleh tamu kehormatan, Komisaris Tinggi Australia Adrian Morrison, serta Ketua Majelis Legislatif, Lord Fakafanua, dan Duta Besar Tiongkok, Cao Xiolin.

Balai wartawan Tonga diresmikan 1 i Papua

Presiden MAT, Taina Kami Enoka berkata bahwa balai wartawan itu bertujuan untuk menyediakan sebuah forum di mana para narasumber diundang untuk membahas isu-isu penting.

Pembicara dalam acara peluncuran itu, Pejabat Plt. Wakil Komisaris Polisi Tonga, Tevita Vailea, dan Ofakilevuka Guttenbeil-Likiliki dari Women Children Crisis Centre berbicara tentang KDRT, narkoba, dan tingkat kejahatan negara itu.

Acara yang didukung oleh Bantuan Media Pasifik (Pacific Media Assistance Scheme; PACMAS) yang disokong oleh Australia akan diadakan lagi September dan November.

“Buku pegangan media tentang pelaporan di Parlemen yang ditulis oleh mantan jurnalis Dr. Sione Vikilani dan Wakil Sekretaris untuk Dewan Legislatif juga akan diluncurkan,” kata Taina.

Loading...
;

MAT dibentuk awal tahun ini dengan tujuan untuk melindungi kebebasan media di Tonga dan menyediakan platform bagi wartawan atau siapapun yang bekerja di media untuk dapat berbagi informasi dan berita. Taina berkata MAT juga ingin mempromosikan jurnalisme sebagai pilihan studi dan karier.

Sementara itu, bertentangan dengan inisiatif untuk melindungi kebebasan pers ini, Pemerintah Tonga pada 21 Mei 2020 lalu memperkenalkan peraturan baru, Communications (Infringement Notice Regime) Declaration 2020. Regulasi ini ditetapkan sebagai Peraturan, sehingga drafnya tidak harus melalui persetujuan parlemen.

Berdasarkan Peraturan ini, surat peringatan dapat dikeluarkan untuk media yang dianggap telah melakukan pelanggaran. Sayangnya, apa yang dianggap oleh pemerintah sebagai Informasi sensitif yang melanggar hukum dalam peraturan itu, juga dapat ditafsirkan sebagai pelanggaran terhadap Pasal 7 Konstitusi mengenai ‘Kebebasan Pers’. (Matangi Tonga)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top