Follow our news chanel

Bamuskam diminta awasi dana desa

Papua No. 1 News Portal I Jubi

Merauke, Jubi- Badan Musyawarah Kampung (Bamuskam) di 14 kampung diingatkan mengawal dan mengawasi pemanfaatan dana desa. Karena secara umum,  belasan kampung itu mendapatkan dana di atas Rp1 miliar.

“Saya sudah melakukan pertemuan khusus bersama para Ketua Bamuskam beberapa waktu lalu. Salah satu poin penting yang disampaikan adalah ikut mengawasi dana desa,” ujar Kepala Distrik Tanah Miring, Kabupaten Merauke, Papua, Risky Firmansyah kepada Jubi Jumat (15/9/2017).

Risky juga mengingatkan Bamuskam, tidak bermain mata dengan kepala kampung dalam pengelolaan dana dimaksud, karena itu merupakan dana pembangunan dan pemberdayaan ekonomi bagi masyarakat.

Dikatakan, pihaknya tidak mempunyai kewenangan melakukan intervensi secara berlebihan terhadap pemanfaatan dana desa. Kewenangan penuh ada di kepala kampung bersama stafnya.

“Kami hanya sebatas melakukan pengawasan serta pembinaan kepada aparatur kampung. Jika ada yang salah memanfaatkan dana, harus ditegur,” tegasnya.

Ditanya apakah sejauh ini ada penyelewengan dana desa, Risky mengaku, ada beberapa kejadian namun masih bisa diselesaikan dengan baik.

Loading...
;

“Sering ada permasalahan yang terjadi misalnya pembelanjaan yang tidak sesuai RAP. Itu juga menjadi sorotan dan kepala kampung telah diperingati,” tuturnya.

Sementara itu Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Merauke, Fransiskus Sirfefa, mengingatkan para kepala kampung membangun komunikasi yang baik dengan masyarakat, terlebih saat menyusun program kerja yang akan dijalankan.

“Saya minta kepala kampung tidak menyusun program sendiri. Jika itu dilakukan, otomatis menimbulkan aksi protes masyarakat,” katanya. (*)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top