Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Bandara Wamena dibuka tapi belum ada penerbangan

Suasana terminal keberangkatan Bandara Wamena saat hari pertama dibuka. -Jubi/Islami

| Papua No.1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Pada hari pertama Bandara Wamena dibuka, Senin (22/6/2020), setelah tiga bulan lamanya ditutup akibat pandemi Covid-19, belum ada penerbangan komersil yang melayani rute dari dan ke Wamena.

Pelaksana harian Kepala Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Kelas I Wamena, Ferdy Hallatu, mengatakan, baik maskapai Trigana Air maupun Wings Air belum ada penerbangan.

Bandara Wamena dibuka tapi belum ada penerbangan 1 i Papua

“Untuk Wings Air belum ada kepastian kapan dimulai penerbangan, tetapi untuk Trigana hari ini baru akan dilakukan pertemuan rapat interen,” katanya, di Bandara Wamena, Senin (22/6/2020).

Meski demikian, kata dia, operasional hari pertama tetap dibuka dan ada pemeriksaan penumpang yang datang baik pesawat carteran atau pesawat Herkules TNI AU.

“Jadi kita laksanakan pemeriksaan satu pintu, semua diarahkan melalui terminal bandara Wamena,” katanya.

Kepala Trigana Air Wamena, Maikel Biduri, mengatakan sesuai hasil rapat interen diputuskan penerbangan perdana Trigana Air dari Jayapura ke Wamena dan sebaliknya, dimulai Jumat (26/6/2020).

Loading...
;

“Untuk penerbangan hari ini memang batal, karena kami masih menunggu regulasi yang jelas dari pemerintah daerah. Namun setelah semuanya jelas, 26 Juni 2020, Trigana akan memulai penerbangan perdana hanya untuk mengangkut penumpang Sentani ke Wamena dan sebaliknya,” katanya.

Sedangkan untuk rute Timika ke Wamena dan Wamena ke Dekai, kata dia, hingga kini belum ada kepastian kapan akan melayani penerbangan ke sana, karena masih menunggu surat atau regulasi dari Pemerintah Kabupaten Mimika atau Yahukimo.

“Trigana Air akan melayani para penumpang dari Jayapura ke Wamena, seminggu hanya dua kali yaitu Senin dan Jumat. Kalau pun ada penumpang yang over kapasitas, nanti kita minta digeser ke hari lain, semua tergantung dari persetujuan pihak terkait dalam hal ini pemerintah daerah, yang penting tidak melebihi seminggu dua kali,” katanya.

Perwakilan Wings Air Wamena, Devi Arifyanti, menyebut pihaknya belum dapat memastikan kapan armadanya akan kembali melayani penerbangan dari dan ke Wamena.

“Untuk sementara belum berjalan, soalnya pesawatnya belum ada di tempat, harus reposisi dulu kembali ke Jayapura baru bisa terbang,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top