Follow our news chanel

Previous
Next

Bangunan dan aktivitas ilegal ancam kelestarian Danau Sentani

Salah satu potensi wisata danau Sentani yang harus dikembangkan - Jubi/Engel Wally
Bangunan dan aktivitas ilegal ancam kelestarian Danau Sentani 1 i Papua
Panorama Danau Sentani di Kabupaten Jayapura – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kawasan hutan sagu di sisi barat Kampung Nendali, Distrik Sentani Timur, banyak yang berubah fungsi. Selain menjadi jalan raya, terdapat sejumlah bangunan dan lokasi usaha yang ditengarai tidak memiliki surat izin mendirikan bangunan (IMB) dan dokumen analisis mengenai dampak lingkungan (Amdal).

“Kami belum (pernah) memberi IMB dan izin Amdal kepada pihak-pihak yang berencama membangun fasilitas umum di Kawasan Barat Kampung Nendali. Kalau (mereka) mau membangun, kita harus bicara dulu mengenai manfaat dan dampaknya. Karena itu, kami akan tutup tempat usaha tersebut,” kata Bupati Mathius Awoitauw, Senin (24/2/2020).

Bupati Awoitauw mengatakan aktivitas usaha tersebut berisiko terhadap keseimbangan ekosistem dan pencemaran lingkungan. Usaha itu, semisal pemecahan batu, penggalian pasir, dan aktivitas eksploitatif lain.

“Sagu-sagu sudah ditebang, penanaman kembalinya (penggantinya) kapan? Ini belum ada kejelasan. Limbah septic tank, dan sanitasi di buang kemana? Oleh sebab itu, kami belum (berkenan) memberikan surat izinnya,” tegas Awoitauw.

Awoitauw memastikan pemerintah daerah tidak akan begitu saja menerbitkan izin karena aktivitas dari usaha tersebut dipastikan berdampak terhadap kelestarian Danau Sentani. Dia bahkan memastikan bakal menerjunkan tim untuk melakukan inspeksi di lokasi tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Jayapura Kris Kores Tokoro juga menilai keberadaan sejumlah bangunan dan fasilitas di lokasi itu dapat mengancam kelestarian Danau Sentani. “Kita harus mempertimbangkan dampak lingkungannya. Air Danau Sentani akan menjadi tidak sehat lagi (akibat pencemaran).” (*)

Loading...
;

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top