Banjir bandang di daerah ini sisakan trauma bagi anak-anak

Papua
Ilustrasi Banjir - Pixabay.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi Banjir bandang yang menerjang Kota Medan dan Kabupaten Deliserdang, Jumat (4/12/2020) dini hari menyisakan trauma, terutama bagi anak-anak di lokasi pengungsian. Mereka masih menetap di tempat pengungsian sementara berada di Balai Desa Tanjung Selamat dan Arhanudse Tanjung Selamat karena ribuan rumah mereka terendam.

“Di lokasi pengungsian ini saja ada sekitar 300 jiwa dengan 164 kepala keluarga,” ujar Kabag Psikologi Polda Sumut, AKBP Andi Hendrawan, saat menggelar program trauma healing di lokasi pengungsian, Kamis (10/12/2020).

Baca juga : Daerah ini siapkan pengungsian banjir khusus bagi terpapar Covid-19

Puluhan rumah kebanjiran di Nabire

Warga diminta tidak membuang sampah sembarangan untuk antisipasi banjir

Polisi menggelar trauma healing di SDN 104186 Tanjung Selamat, tak jauh dari lokasi pengungsian. Anak-anak tertawa diajak berbagai permainan. Mereka juga berjoget sambil bernyanyi seolah melupakan kesedihan akibat musibah banjir.

Loading...
;

“Lumayan bisa ketawa, kita keluarkan energi kita untuk bisa tertawa. Kalau kita mau sehat harus sehat fisik dan sehat mental. Kalau kita berpikir tidak sehat, maka kita akan menjadi sakit,” ujar Andi menambahkan.

Tercatat sebanyak 7.872 rumah tersebar di 11 kecamatan dan 19 kelurahan di Kota Medan terendam banjir. Banjir besar tersebut terjadi akibat hujan deras dan sungai-sungai meluap pada Jumat (4/12/2020) dini hari pekan lalu. Dalam musibah itu, 8.938 kepala keluarga serta 31.197 jiwa terdampak banjir.

Di Kabupaten Deliserdang, banjir juga menimpa Desa Tanjung Selamat dengan jumlah 500 rumah. Selain itu, banjir merendam 400 rumah di Desa Sejarahbaru, Kecamatan Delitua, dengan ketinggian air mencapai 4-6 meter. (*)

CNN Indonesia

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top