HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2021

Banjir bandang di PNG, ratusan warga mengungsi

Sabtu pekan lalu (21/3/2020), bencana tanah longsor terjadi di Desa Tendepo, Distrik Tambul-Nebilyer, di PNG, juga akibat hujan lebat. – RNZI/ Peter Solo Kinjap

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Kundiawa, Jubi – Banjir bandang telah mengakibatkan lebih dari 700 orang di Provinsi Chimbu, Papua Nugini, mengungsi akibat rumah dan kebun mereka dirusaki.

Surat kabar The National, melaporkan hujan lebat menyebabkan air Sungai Wahgi meluap dan melanda Desa Miunde di Distrik Kerowagi.

Juru bicara masyarakat, Wesly Noisa, berkata sebagian korban telah melarikan diri ke daerah yang lebih tinggi sementara yang lainnya, dari Suku Yuri, berlindung di desa-desa terdekat.

Noisa menerangkan bahwa dua hektar tanaman kopi telah rusak, ternak peliharaan tenggelam atau terbawa air, dan area pekuburan hancur.

Anggota dewan setempat, Tapi Kaiglo, memperingatkan semua korban dari bencana ini perlu dipindahkan sebelum mereka kembali dan mencoba membangun kehidupan mereka di daerah rawan banjir yang sama. Ia juga telah meminta Kantor Penanggulangan Bencana Provinsi Chimbu untuk menyediakan bantuan bagi mereka yang kehilangan tempat tinggal.

Pekan lalu (21/3/2020), sepuluh mayat dari 12 orang korban yang terkubur tanah longsor ditemukan orang di Provinsi Western Highlands PNG.

Loading...
;

Tanah longsor itu terjadi di Desa Tendepo, Distrik Tambul-Nebilyer, juga akibat hujan lebat.

Pengurus Distrik Tambul-Nebilyer, Phillip Talpa berkata sebuah kendaraan ekskavator sudah dikirimkan ke daerah itu dengan bantuan dari polisi dan masyarakat setempat. โ€œMereka bisa menemukan 10 jenazah. Dua orang diyakini masih terkubur di bawah timbunan tanah.โ€

Talpa mengingatkan bahwa dengan tingginya frekuensi hujan lebat, ada risiko tinggi tanah longsor akan terjadi lagi. Ia juga menyarankan warga desa tersebut untuk pindah sementara ini, tinggal bersama kerabat atau teman di daerah lain. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca juga  Diary of disaster: Hari-hari terakhir di Pusat Penahanan Manus

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top

Pengumuman Lagu
"Tanah Papua"

Sehubungan dengan akan dilakukannya pendaftaran lagu “Tanah Papua” yang diciptakan oleh Bapak Yance Rumbino pada Direktorat kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia, untuk itu disampaikan kepada seluruh pihak masyarakat yang mengklaim sebagai pencipta lagu “Tanah Papua”, diberi kesempatan untuk mengajukan klaim atau sanggahan lagu tersebut.

Pace Mace, tinggal di rumah saja.
#jubi #stayathome #sajagako #kojagasa