Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Banjir bandang Sentani, pengulangan dari abad silam

Papua
Perumahan yang hancur akibat banjir bandang di Sentani, Maret 2019 - Jubi/Engebert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Banjir bandang pada Maret tahun lalu bukan pertama kali terjadi di Sentani. Bencana alam serupa juga pernah meluluhlantakan wilayah tersebut, sekitar seabad lalu.

“Kami pernah menerima (kiriman) artikel yang ditulis di media (terbitan) Belanda. Pada 100 tahun lalu juga pernah terjadi banjir bandang di Sentani dan wilayah di sekitarnya,” kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo saat mengunjugi Kampung Sereh di Distrik Sentani, Selasa (7/7/2020).

Karena itu, Doni mengingatkan warga dan pemerintah setempat melindungi Kawasan Cagar Alam Cyclop dari ancaman perusakan lingkungan. Pegunungan yang membentang sepanjang 36 kilometer tersebut menjadi kawasan resapan dan tangkapan air sehingga dapat mencegah banjir di kawasan hilir di Sentani dan wilayah sekitarnya.

“Hutan di Cyclop memberi oksigen dan banyak hal (bagi kehidupan) masyarakat di Kota dan Kabupaten Jayapura. Masyarakat Papua sangat menghargai hutan sehingga berkewajiban menjaga Cyclop (dari ancaman perusakan lingkungan),” jelas Letnan Jenderal TNI Angkatan Darat, tersebut.

Semilera Kogoya, korban banjir bandang Sentani hanya bisa berharap segala kemalangan akibat dampak dari bencana alam tersebut dapat segera teratasi. Perempuan asal Tolikara itu masih berdiam di lokasi penampungan pengungsi di Jalan Pasir, Sentani.

Rumah hancur dan harta-benda hanyut semua terseret arus sehingga yang tersisa hanya pakaian yang melekat di badan. Selama di lokasi pengungsian juga banyak kesulitan kami hadapi. Semua aktivitas (dan pemenuhan kebutuhan sehari-hari) masih serbasulit serta terbatas.” (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top