Follow our news chanel

Banjir di wilayah Jabodetabek menelan korban 16 jiwa

papua, banjir
Foto ilustrasi banjir. - pixabay.com
Banjir di wilayah Jabodetabek menelan korban 16 jiwa 1 i Papua
Foto ilustrasi banjir. – pixabay.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jakarta, Jubi –  Kepal pusat data dan informasi, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Agus Wibowo, menyebutkan sebanyak 16 korban jiwa meninggal akibat banjir yang melanda kawasan Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi (Jabodetabek). Banjir juga menimbulkan kerusakan infrastruktur di wilayah setempat.

“Sampai saat ini data yang berhasil BNPB kumpulkan terdapat 16 orang meninggal akibat banjir dengan rincian DKI Jakarta delapan orang, Kota Bekasi satu orang, Kota Depok tiga orang, Kota Bogor satu orang, Kabupaten Bogor satu orang, Kota Tangerang satu orang, dan Tangerang Selatan satu orang,” kata Agus, Kamis, (2/1/2020).

Di wilayah Jakarta, korban jiwa akibat banjir yakni M Ali 82 tahun dari Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Selain itu  Siti Hawa 72 tahun dari Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur, Willi Surahman dari Kelurahan Cipinang Melayu, Jakarta Timur  yang sama-sama mengalami mengalami hipotermia. Sedangkan korban lain Sutarmi  73 tahun dari Kramat Jati, Jaktim, Arfiqo Alif  16 tahun  dari Kemayoran, Jakarta Pusat  keduanya kesetrum listrik.

“Korban lain Agus 19 tahun warga Duren Sawit, Jaktim meninggal karena tenggelam, Sanusi dari Duren Sawit, Jaktim masih dalam proses pencarian, serta Yuda Irawan 29 tahun  dari Pal Merah, Jakbar tenggelam,” kata Agus menambahkan.

BNPB juga menyebutkan korban jiwa di Kota Bekasi yakni Andika Pradika,  14  tahun  dari Kecamatan Rawa Lumbu, Bekasi  yang tenggelam saat bermain di selokan. Korban jiwa di Kota Depok Amelia Susanti 27 tahun, Lusinah 68 tahun dan  Nizam Saputra 8 tahun semuanya warga Kecamatan Cinere, Kota Depok meninggal karena tertimbun tanah longsor.

Di bogor korban akibat banji di Bogor bernama Kusmiyati 30 tahun, dari Tanah Sereal Kota Bogorjuga tertimpa longsor. Sedangkan korban  jiwa di Kabupaten Bogor yakni Marsdianto 20 tahun asal , Perumahan Puri Citayam Permai, Kabupaten Bogor terseret arus banjir saat aliran kali yang berada persis di depan rumahnya.

Loading...
;

“Di Kota Tangerang korban Jamilah 55 tahun dari Batu Ceper, Tangkot dan Teguh Taufik 36  tahun asal Perumahan Ciputat Baru meninggal akibat tersengat listrik,” kata Agus menjelaskan.

Ia mengatakan saat ini BNPB masih terus mendata dari berbagai sumber dan kemungkinan jumlah korban bisa bertambah.

Sementara itu Posko banjir Jakarta mencatat hingga Rabu malam bahwa jumlah pengungsi banjir di mencapai angka 31.232 orang. Pengungsi itu tersebar di Jakarta Pusat sebanyak 310 orang untuk dua lokasi pengungsian. Kelurahan terdampak yakni Bendungan Hilir, Petamburan dan Karet Tengsin.

Baca juga : Banjir Jakarta hambat perjalanan kereta api

Banjir melanda Jakarta dan sekitarnya

Jembatan dan rumah di Kabupaten Lahat hanyut akibat banjir

Jakarta Utara sebanyak 1.515 orang untuk 23 lokasi pengungsian. Kelurahan terdampak antara lain Rorotan, Semper Barat, Semper Timur, Sukapura, Kelapa Gading Timur dan Pegangsaan Dua. Di Jakarta Barat sebanyak 10.686 orang tersebar di 97 lokasi pengungsian. Kelurahan terdampak diantaranya Jelambar, Tomang, Wijaya Kusuma, Srengseng, Semanan, Kalideres, Tegal Alur, Pegadungan, Kota Bambu Selatan, Kedoya Utara dan Sukabumi Selatan.

Sementara di Jakarta Timur sebanyak 13.516 orang tersebar di 99 lokasi pengungsian. Kelurahan terdampak Kebon Manggis, Kampung Melayu, Bidara Cina, Cipinang Besar Selatan, Klender, Pondok Bambu, Pondok Kelapa, Cawang, Balekembang, Dukuh dan Cipinang Melayu.

Jakarta Selatan sebanyak 5.305 orang tersebar di 48 lokasi pengungsian. Kelurahan terdampak diantaranya Kelurahan Gunung, Petongan, Pengadengan, Cilandak Timur, Pejaten Timur dan Manggarai Selatan.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan pemprov fokus penanganan korban banjir dan keselamatan warga. “Saya mengimbau kepada seluruh masyarakat yang berada di wilayah aliran sungai, untuk bersiaga dan berkoordinasi dengan jajaran petugas Pemprov DKI yang sudah siap membantu,”  kata Anies. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top