Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Bank Papua menjadi bank penyimpan jaminan reklamasi

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1
 
Jayapura, Jubi – Bank Papua akan menjadi bank penyimpanan dana Jaminan Reklamasi (Jamrek) dan Jaminan Pasca Tambang yang disetorkan para pemilik Izin Usaha Pertambangan (IUP) yang beroperasi di wilayah Papua.
 
Hal ini dikemukakan Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua  Bangun S. Manurung kepada wartawan usai penandatangan kerja sama antara Dinas ESDM Papua dengan Bank Papua di lantai 4 Kantor Pusat Bank Papua, Jayapura, Rabu (24/5/2017).
 
Bangun S. Manurung mengatakan, sejak kewenangan penanganan pertambangan dilimpahkan ke Pemerintah  Provinsi ada aturan perusahaan wajib menempatkan uang jaminan reklamasi dan paska tambang.
 
"Ini memang baru kita mulai khusus untuk reklamasi, meski diakui selama ini perizinan di kabupaten banyak perusahaan yang telah melaksanakan  produksi tambang akan tetapi belum menempatkan dana jaminan reklamasi atau paska tambang, sehinggga kita kerjasama dengan Bank Papua untuk menyiapkan rekening khusus," ujarnya.
 
Dinas ESDM mencatat banyaknya perizinan ekplorasi tambang yang diberikan akan segera berakhir dan puluhan perusahaan ingin meneruskan menjadi perizinan produksi.
 
"ini yang kami sasar, selama ini Dinas ESDM Papua memilah mana berizin sesuai prosedur dan telah kita bawa perizinannya ke CMC di Pemerintah Pusat, sehingga kami harap puluhan perusahaan tersebut akan memperbarui dengan perizinan produksi, setelah ekplorasi berakhir," lanjutnya.
 
Bangun Manurung mengaku sudah ada puluhan miliar rupiah dana jaminan di Bank Papua. Dana tersebut akan bertambah karena itu baru timah, batubara, dan nikel. Belum termasuk bahan galian di tiap kota di Papua.
 
“Saya yakin akan lebih banyak lagi yang akan menambah pemasukan di nomor rekening khusus tersebut," lanjutnya.
 
Direktur Utama Bank Papua  Zendrato mengatakan, kerja sama tersebut wujud keseungguhan pemerintah daerah bersama stakeholder membantu membesarkan Bank Papua. (*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top