Bantu Pembiayaan Pengusaha Mikro, Bank Mandiri Gandeng HIPPAS Jayapura

Penandatangan kerjasama Hippas dengan Bank Mandiri-Jubi/Sindung
Penandatangan kerjasama Hippas dengan Bank Mandiri-Jubi/Sindung

Jayapura, Jubi – Untuk membantu pembiayaan pengusaha mikro atau pengusaha pasar di daerah, PT Bank Mandiri bekerjasama dengan Himpunan Pedagang Pasar (HIPPAS) Pasar Youtefa dalam bidang perkreditan.

“Bagi Bank Mandiri, Bank BUMN juga punya misi selain menghimpun DPLK, tugas kita membantu menumbuhkembangkan perekonomian rakyat di daerah. Kerjasama ini difokuskan kepada kredit mikro ataupun bisnis banking. Salah satu kebijakan dalam kredit mikro adalah pengusaha pasar sebagai targetnya. Jika saya lihat jumlah pengusaha Pasar Youtefa, sekitar 4.000 orang, tahap awal kita akan kerjasama pada 2.000 hingga 3.000 pedagang,” kata Area Head Bank Mandiri Jayapura, Tommy Leon, kepada wartawan, Sabtu (19/9/2015) siang.

Selain kemudahan perkreditan, Leong mengakui Mandiri juga memberikan kemudahan transaksi seperti dengan menggunakan elektronik cash atau menerima pembayaran atau transfer melalui handphone tanpa ada rekening dan agunan kreditnya yang akan disesuaikan dengan kemampuan para pengusaha.

“Untuk HIPPAS kita akan buka rekeningnya termasuk ada kemudahan-kemudahan lain,” katanya.

Untuk besaran kredit yang akan diberikan, Tommy Leong mengatakan pihaknya akan menyesuaikan dengan kebutuhan dimana ada perhitungan sendiri untuk itu.

“Kredit mikro kita bisa sampai Rp 100 hingga Rp 200 juta bahkan sampai Rp 500 juta,” katanya.

Bank Mandiri mengakui sudah menyalurkan kredit mikro ke 500 pengusaha dengan total Rp 15,5 miliar untuk para pengusaha pasar, khususnya di Kota dan kabupaten Jayapura.

Loading...
;

Ketua HIPPAS Kota Jayapura, Thamrin Ruddin, menegaskan kerjasama antara Bank Mandiri dengan HIPPAS adalah upaya memberikan rekomendasi terkait dengan pemberian pinjaman mikro kepada para pedagang di pasar Youtefa.

“Kami akan memberikan referensi terkait pemberian pinjaman kepada para pedagang yang ada dimana kami tidak ingin ada kesalahan nanti di belakangnya. Untuk itu kami punya 10 orang dalam 1 tim yang kita bentuk untuk memberikan rekomendasi dan menjembatani terkait kelayakan dan masalah dana kepada Bank Mandiri dalam hal penyaluran kreditnya,” katanya.

Penandatanganan kerja sama antara Bank Mandiri dengan HIPPAS Youtefa dilakukan di Aula SMK 5 Kota Jayapura, disaksikan Wali Kota Jayapura, Benhur Tommy Mano, dan Ketua DPRD Kota Jayapura. (Sindung Sukoco)

 

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top