Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Bantuan alsintan diduga disalahgunakan di Merauke

Papua
Ilustrasi petani membajak sawah - Pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Sejumlah alat dan mesin pertanian atau alsintan diduga disalahgunakan di Merauke. Peralatan yang seharusnya untuk kelompok tani malah dipakai buat kepentingan pribadi. Pengoperasiannya pun ada yang menyalahi ketentuan karena digunakan diluar aktivitas pertanian.

Bantuan pemerintah pusat tersebut sebelumnya disalurkan melalui Rumah Aspirasi Sulaeman Hamzah. Karena menyalahi ketentuan, sejumlah peralatan ditarik kembali untuk dialokasikan kepada kelompok tani lain.

“Ada sekitar 400 alat dan mesin pertanian disalurkan kepada kelompok tani (di Merauke) sejak 2015. Peralatan tersebut di antaranya berupa traktor tangan, traktor mini, dan mesin pemanen padi,” kata Penanggung jawab Rumah Aspirasi Sulaeman Hamzah, Fauzun Nihayah, Senin (27/7/2020).

Bantuan alsintan diduga disalahgunakan di Merauke 1 i Papua

Sesuai kesepakatan awal, perawatan peralatan menjadi tanggung jawab kelompok tani sehingga setiap anggota dikenai iuran setiap bulan. Mekanisme itu diduga juga tidak berjalan. Banyak mesin berada dalam kondisi rusak dan tidak diperbaiki.

“Setelah manajemen rumah aspirasi ini saya pegang, kami akan menurunkan tim untuk memantau pemanfaatan peralatan tersebut. Mulai tahun ini akan dibangun sejumlah bengkel agar kerusakan mesin bisa cepat ditanggulangi,” kata Fauzun, yang juga anggota DPR Papua.

Dia mengatakan sejauh ini sudah ada lima peralatan yang ditarik dan diserahkan kepala kelompok tani lain. Ketentuan tersebut sesuai peraturan Menteri Pertanian.

Anggota DPR Sulaeman Hamzah mengklarifikasi kesalahan informasi yang berkembang di kalangan petani setempat. Dia menegaskan iuran yang dikenakan selama ini disiapkan sebagai cadangan pembiayaan ketika terjadi kerusakan peralatan akibat pemakaian bersama.

Loading...
;

“Itu bukan pungutan melainkan iuran. Manfaatnya ialah untuk membiayai perbaikan peralatan yang rusak,” kata anggota komisi yang membidangi pertanian, kelautan, kehutanan dan lingkungan hidup, tersebut. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top