Bantuan sosial 6 distrik disalurkan kolektif di Nabire

Papua
Penyerahan kolektif bantuan pangan tunai untuk enam distrik di Nabire, kemarin - Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi –  Bantuan sosial pangan dan tunai untuk enam distrik disalurkan secara kolektif di Nabire. Penyalurannya melalui kepala kampung atau distrik untuk selanjutnya diserahkan kepada warga penerima manfaat bantuan.

“Karena kondisi geografis dan jarak tempuh, penyaluran untuk enam distrik dilakukan secara kolektif. Adapun distrik lain langsung melalui kantor pos,” kata Sekretaris Daerah Nabire Daniel Maipon, saat penyerahan kolektif bantuan, Selasa (22/12/2020).

Enam distrik tersebut ialah Dipa, Menou, Siriwi, Uwapa, Wapoga, dan Yaur. Total nilai bantuannya sekitar Rp1,8 miliar.

“Ada sekitar 18.900 keluarga penerima bantuan sosial tunai dan pangan di Nabire. Mereka tersebar di 15 distrik,” jelas Maipon.

Dia mewanti-wanti kepala kampung maupun distrik meneruskan bantuan kolektif tersebut kepada warga yang berhak menerimanya. Acuannya ialah daftar penerima bantuan yang ditetapkan pemerintah.

“Kepala kampung maupun kepala distrik telah digaji, dan memiliki dana operasional sehingga dilarang mengambil atau mengurangi hak masyarakat. Aparat bisa dituduh tidak jujur kalau menyalahgunakannya,” kata Maipon.

Bantuan sosial pangan diberikan sebesar Rp200 ribu sebulan untuk setiap keluarga. Para penerimanya terdiri atas fakir miskin, perempuan kepala keluarga, dan yatim piatu. Namun, nama mereka harus terdata pada Daftar Terpadu Kesejahteraan Sosial serta memiliki kartu keluarga dan kartu tanda penduduk.

Loading...
;

“Penyaluran saat ini untuk (periode) pembayaran November dan Desember. Bantuan ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein, dan vitamin keluarga,” kata Sekretaris Dinas Sosial Nabire Zakeus Petege.

Dia berharap kepala kampung maupun kepala distrik memberi pemahaman kepada para penerima manfaat mengenai penggunaan bantuan tersebut. “Jangan sampai digunakan untuk membeli rokok dan minuman keras atau memasang togel (berjudi).”

Kepala Distrik Siriwo Yulianus Butu memastikan mereka akan menyerahkan bantuan kolektif tersebut kepada warga yang berhak menerimanya. “Bantuan ini langsung kami bagikan setelah sampai di Siriwo.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top