Loading...

TERVERIFIKASI FAKTUAL OLEH DEWAN PERS NO: 285/Terverifikasi/K/V/2018

Banyak anak tidak sekolah, orangtua bawa ke hutan pangkur sagu

Anak-anak di Kampung Sinegi, Distrik Anim Ha, Kabupaten Merauke – Jubi/Frans L Kobun
Banyak anak tidak sekolah, orangtua bawa ke hutan pangkur sagu 1 i Papua
Anak-anak di Kampung Sinegi, Distrik Anim Ha, Kabupaten Merauke – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Ketua Komite Sekolah Dasar (SD) Sinegi, Distrik Anim Ha, Kabupaten Merauke, Alfons Mahuze, mengungkapkan selama ini banyak anak tak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar hingga satu bulan karena harus mengikuti orangtua ke dusun memangkur sagu.

“Memang ada beberapa orangtua datang meminta izin ke sekolah untuk membawa anaknya ke dusun mencari nafkah. Karena cadangan makanan sudah tidak ada lagi,” ungkap Alfons kepada Jubi, Senin (30/12/2019).

Para guru di sekolah, lanjut Alfons, serba salah. Jika melarang anak-anak diboyong ke hutan, sudah pasti mereka tidak bisa makan setiap hari. Dengan demikian, terpaksa diizinkan.

“Para guru mengizinkan hanya satu minggu. Namun begitu sudah masuk hutan, bisa sampai satu bulan. Ini yang menjadi soal juga. Karena dipastikan anak terlambat setiap mata pelajaran di sekolah,” katanya.

Dikatakan, secara umum masyarakat di Sinegi tak memiliki kebun untuk menanam umbi-umbian maupun pisang. Sehingga ketika cadangan makanan menipis, mereka harus ke hutan dengan membawa anak-anak.

“Anak-anak bisa saja dititipkan di tetangga atau keluarga. Hanya menjadi masalah adalah tidak adanya makanan. Sehingga mau tidak mau dengan terpaksa dibawa,” katanya.

Wakil Ketua II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Merauke, Dominikus Ulukyanan, mengakui jika terkadang orangtua membawa anaknya ke dusun mencari makanan.

“Itu juga karena para guru tidak berada di tempat tugas. Sehingga orangtua membawa anaknya masuk hutan sekaligus memangkur sagu agar bisa memenuhi kebutuhan makan tiap hari,” ungkapnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending

Terkini

JUBI TV

Rekomendasi

Follow Us