Follow our news chanel

Previous
Next

Banyak kampung belum pertanggungjawabkan BLT

Papua
Petugas Kantor Pos melayani pencairan bantuan sosial tunai di Kabupaten Jayapura, beberapa waktu lalu - Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi Pemerintah Kabupaten Jayapura telah menyalurkan seluruh Dana Desa tahap I kepada 139 kampung. Pencairan saat ini memasuki tahap kedua.

“Alokasi Dana Kampung (ADK) tahap I juga telah dicairkan, tetapi (realiasinya) baru sekitar 80%. Ada sejumlah kampung belum melaporkan pertanggungjawaban penggunaan anggaran periode sebelumnya, ” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Jayapura Elisa Yarusabra, Jumat (2/10/2020).

Selain mencairkan Dana Desa dan ADK, pemerintah setempat menyalurkan bantuan langsung tunai (BLT) tahap II sejak Juli hingga bulan lalu. Namun, bantuan senilai Rp900 ribu sebulan untuk setiap penerima manfaat tersebut baru dinikmati 15 Kampung. Banyak kampung belum menerima pencairan karena juga belum mempertanggungjawabkan penggunaan dana periode sebelumnya.

“Untuk BLT tahap pertama, sudah disalurkan seluruhnya. Hanya empat kampung yang belum karena mereka belum menyerahkan data para penerima bantuan, ” lanjut Yarusabra.

Bupati Mathius Awoitauw mengingatkan seluruh penggelolaan subsidi tersebut wajib dipertanggungjawabkan pemerintah kampung setempat. Kesalahan dalam pengelolaan bisa berdampak serius karena pengawasannya juga melibatkan para penegak hukum.

“Kami telah menganggarkan Rp28,8 miliar bantuan penanggulangam dampak  pandemi Covid-19 untuk masyarakat di 139 kampung. Penggunaan anggaran turut diawasi pihak inspektorat, kepolisian dan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK),” kata Awoitauw. (*)

 

Loading...
;

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top