Follow our news chanel

Banyak koperasi tutup akibat mental pengurus

Papua
Ilustrasi penutupan usaha - Pixabay.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Sebagian besar dari sekitar 360 koperasi tidak lagi aktif beroperasi di Nabire. Pemerintah setempat akan mendata ulang untuk memastikan keberadaan koperasi yang masih aktif sampai saat ini.

“Kami akan mendata ulang dan mencari tahu penyebab ketidakaktifan tersebut. Kemudian, membina mereka sehingga bisa kembali beroperasi (melayani para anggota),” kata Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Nabire Viktor Tebai, Selasa (10/11/2020).

Meskipun belum mengetahui penyebabnya, Tebai memastikan sebagian besar koperasi di daerah mereka sudah tidak aktif beroperasi dan melayani para anggota. Untuk itu, mereka juga akan memberikan suntikan modal kepada sejumlah koperasi yang masih berpotensi untuk diaktifkan kembali.

“Kami akan memberi pelatihan dan modal awal. Koperasi harus kembali bergerak dan bangkit untuk memajukan perekonomian (rakyat) di masa pandemi Covid-19,” jelas Tebai.

Dia melanjutkan pengurus koperasi saat ini harus mampu berinovasi dalam meningkatkan pelayanan terhadap para anggota. Mereka dapat memanfaatkan teknologi terkini agar tetap eksis sesuai perkembangan zaman.

“Koperasi harus mengutamakan pelayanan terhadap anggota. Jadi, (gerakan) koperasi mesti bangkit, tetapi jangan pula menggebu-gebu buat koperasi, lalu baru seumur jagung (berdiri), sudah menyerah (vakum),” kata mantan Sekretaris Dinas Pendidikaan Nabire, tersebut.

Sekretaris Dinas Koperasi dan UMKM Nabire Robert Settyo Budi mengungkapkan mental pengurus menjadi kendala utama pengembangan koperasi di wilayah mereka. Dia menilai banyak pengurus kurang menjiwai semangat kemandirian koperasi.

Loading...
;

“Ada (pengurus) hanya minta (mengharapkan) bantuan (dari pemerintah) tanpa berupaya mandiri (dalam membesarkan koperasi). (Mental seperti) ini agak susah, maka kami harap mereka kembali  bangkit dan mandiri,” kata Budi. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top