Follow our news chanel

Previous
Next

Banyak pengelola selam Raja Ampat dari asing, ini kata Menteri Luhut

Iluatrasi. Sebuah homestay di Waigeo Raja Ampat - Jubi/stayrajaampat.com
Banyak pengelola selam Raja Ampat dari asing, ini kata Menteri Luhut 1 i Papua
Iluatrasi. Sebuah homestay di Waigeo Raja Ampat – Jubi/stayrajaampat.com

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sorong, Jubi – Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan minta Gubernur Papua Barat, Dominggus Mandacan membenahi pengelolaan pariwisata Raja Ampat. Permintaa Luhut itu  terkait pembicaraan dia dengan investor yang akan membantu Papua dalam pengembangan ekonomi masyarakat.

“Mereka menyayangkan saat mengunjungi Raja Ampat lebih banyak pengelola wisata selam adalah orang asing,” kata Luhut, Kamis, (27/2/2020).

Baca juga : Kapal pengangkut kayu illegal di Raja Ampat ditangkap

Dua tahun pinjam tempat, Pemkab Raja Ampat serobot hak ulayat

Tim Gakkum LHK gagalkan penyelundupan kayu merbau di perairan Raja Ampat

Dia mengatakan bahwa hal seperti ini tidak boleh terjadi dan pemerintah Papua Barat harus membenahi sehingga pengelola wisata selam di Raja Ampat didominasi oleh masyarakat lokal setempat.

Loading...
;

Dia meminta Gubernur Papua Barat membuat program dengan target dua atau tiga tahun ke depan 80 persen masyarakat asli Papua dapat mengelola usaha wisata selam di Raja Ampat.

“Raja Ampat akan segera kami tangani sehingga program pembangunan daerah tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat lokal,” ujar Luhut menambahkan.

Luhut juga menyatakan keberadaan kapal wisata yang beroperasi di Raja Ampat sering membuang jangkar hingga merusak terumbu karang yang membutuhkan waktu puluhan tahun untuk tumbuh kembali.

Ia menyampaikan kerusakan terumbu karang oleh kapal wisata tersebut akan menjadi perhatian serius pemerintah demi kebaikan generasi Raja Ampat di masa yang akan datang. Luhut minta agar

Gubernur Papua Barat dan masyarakat, harus bekerja keras dan  bekerja sama dengan semua sektor guna memajukan pembangunan daerah demi kesejahteraan masyarakat.

“Tingkatkan mutu pendidikan dengan mengutamakan pendidikan khusus politeknik bidang pariwisata demi mewujudkan pembangunan sumber daya alam berkelanjutan,” katanya. (*)

Editor : Edi Faisol

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top