Follow our news chanel

Banyak puskesmas telantar karena tidak ada tenaga medis

Rapat bersama Dinas Kesehatan dan DPRD Nabire, kemarin - Jubi/Titus Ruban.
Banyak puskesmas telantar karena tidak ada tenaga medis 1 i Papua
Rapat bersama Dinas Kesehatan dan DPRD Nabire, kemarin – Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Nabire masih mengalami kekurangan tenaga medis, terutama pada puskesmas di wilayah pinggiran kota dan daerah terpencil. Dinas kesehatan setempat juga mengalami kesulitan pendanaan untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga medis.

“Dokter maupun perawat masih sangat kurang di daerah terpencil, seperti di Wapoga, dan Dipa Menou. Permasalahan ini sudah kami laporkan kepada pimpinan daerah,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Nabire Yulian Agapa, saat rapat bersama DPRD, Rabu  (4/2/2020).

Untuk mengatasi persoalan itu, Dinkes Nabire merekrut pegawai tidak tetap, yang terdiri atas dokter dan perawat. Akan tetapi, kebijakan itu harus dikoordinasikan dengan pimpinan daerah karena terkait penganggaran.

“Dana Otsus (Otonomi Khusus Papua) sangat membantu kebutuhan pendanaaan di dinas kesehatan, tetapi ada pemangkasan (anggaran) dalam dua tahun terakhir. Pada tahun ini anggarannya sebesar Rp2 miliar, dan tahun lalu sebesar Rp1 miliar. Kami harus membagi (mengalokasikan) anggaran tersebut sesuai aturan dan kebutuhan,” jelas Agapa.

Ketua Komisi Kesehatan DPRD Nabire Musa Malisa mengatakan pemerintah harus memperhatikan penempatan petugas sebelum membangun fasilitas kesehatan. Mereka menemukan ada sejumlah puskesmas telantar karena tidak ada petugas medisnya.

“Seperti di Kamarisaso, dan Napan, bangunan (puskesmas) ada, tetapi tenaga (medisnya) kosong. Kami juga banyak menemukan bangunan dengan rumput tinggi (tidak terurus),” ungkap Musa.

Loading...
;

Dia mengatakan keberadaan puskesmas sangat penting sebagai penyedia layanan kesehatan dasar. Jika puskesmas berfungsi, penumpukan pasien di rumah sakit bisa diatasi. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top