Follow our telegram news chanel

Previous
Next
Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Banyak sampah, air Danau Sentani kini tak bisa dikonsumsi warga

Papua No. 1 News Portal | Jubi , 

Sentani, Jubi – Dengan masuknya ribuan kubik sampah perkotaan ke dalam Danau Sentani, air Danau Sentani kini tak dapat dikonsumsi lagi.

Sebelumnya warga asli yang bermukim di tepi danau tersebut menggunakan air danau untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari.

Banyak sampah, air Danau Sentani kini tak bisa dikonsumsi warga 1 i Papua

“Sampah masuk ke dalam danau melalui aliran air yang mengalir dari setiap anak sungai ini. Sekarang kami tidak bisa gunakan air danau lagi,” kata Elvis Ibo, warga tepi danau Sentani, Elvis kepada Jubi di Sentani, Minggu (28/10/2018).

Sebelumnya kondisi air danau baik, sehingga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan keluarganya. “Kalau dulu itu kami pakai ait itu langsung bisa minum dan cuci. Tapi sekarang ini susah,” katanya.

Untuk mencukupi kebutuhan air bersih, Ibo mengatakan ia dan warga lainnya kini menggunakan air sumur dengan bantuan mesin pompa air.

Ia berharap masyarakat yang berada di Kota Sentani tidak membuang sampah langsung ke sungai-sungai di sekitar Kota Sentani, karena sampah tersebut akan bermuara ke danau Sentani. "Sudah ada tempat sampah jadi buang sampah itu di tempat bukan buang ke kali," kata Ibo.

Loading...
;

Di tempat terpisah, seorang pengunjung dermaga Kalkhote Sentani Timur, ibu Olance mengatakan, kondisi Danau Sentani kin jauh berbeda dengan dahulu.

“Dulu kita hanya lihat di dalam air itu lumut, enceng gondok dan daun-daun, tapi sekarang ini sudah banyak warna warni di dalam air ini,” katanya.

Ia berharap masyarakat Kota Sentani dan sebagian Kota Jayapura dapat menjaga kebersihan dan meningkatkan kesadaran membuang sampah.

“Jangan buang sampah itu di kali, nanti sampah menumpuk ke danau. Imbasnya masyarakat danau yang gunakan air untuk mandi pasti gatal-gatal,” kata Olance.(*)

Klik banner di atas untuk mengetahui isi pengumuman

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top