Banyak Warga Distrik Sawai Mamberamo Raya Belum Rekam e-KTP

Banyak Warga Distrik Sawai Mamberamo Raya Belum Rekam e-KTP 1 i Papua
Satu-satunya sarana transportasi sungai besar dan kecil yang digunakan masyarakat Kampung Rapamerei Distrik Sawai Kabupaten Mamberamo Raya – Jubi/Marten

Biak, Jubi – Kepala Distrik Sawai Kabupaten Mamberamo Raya, Papua Yosias Sembai, mengatakan, masih banyak masyarakat di wilayah kerjanya yang belum merekam e-KTP sampai saat ini. Hal itu disebabkan oleh jaraknya tempat perekaman e-KTP di ibu kota kabupaten serta mahalnya biaya perjalanan dari kampung menuju ibu kota kabupaten

Yang mengurus e-KTP baru hanya pegawai, kepala kampung dan aparatnya, Bamuskam dan masyarakat yang selalu berhubungan dengan pemerintah dan bank. Sedangkan yang lainnya belum,” kata Sembai ketika dihubungi Jubi Minggu( 20/9/2015 ).

Kata Sembai mengusulkan solusi atas persoalan tersebut adalah dipelimpahan kewenangan mengurus dari intansi teknis ke masing-masing pemerintah distrik.

Kalau pelimpahan kewenangan mengurus e-KTP diserahkan kepada masing-masing distrik, saya yakin bisa atasi persoalan tersebut,” kata Sembai

Akhirnya kata Sembai dalam rentang waktu yang tidak terlalu lama semua masyarakat di distriknya dan distrik – distrik lain bisa melakukan perekaman e-KTP tanpa harus jauh-jauh ke ibu kota kabupaten dan mengeluarkan biaya yang sangat besar hanya untuk mengurus satu keping KTP.

Soal SDM di distrik tidak perlu diragukan sebab sudah sangat siap untuk melaksanakan perekaman bila instansi teknis memberikan kewenangan, mungkin perlu pelatihan. Tapi hanya untuk tingkatkan pengusaaan menggunakan alat perekaman saja sehingga pegawai kita benar-benar menguasai penggunaan alat perekaman dan bisa melakukan perekaman dengan baik,” ujar Sembai.

Kata Sembai lagi, jika ada masyarakat yang sudah melakukan perekaman, hingga kini belum mengambil e-KTP mereka karena alasan yang sama.

Loading...
;

Ketua Bamuskam Rapamerei Distrik Sawai Kabupaten Mamberamo Raya, Yoap Buwiri mengatakan sebagian besar masyarakat di kampungnya tidak merekam e-KTP karena jarak dan besarnya biaya perjalanan.

Baiknya perekaman e-KTP diserahkan kepada masing-masing pemerintah distrik yang ada sehingga tidak menyusahkan masyarakat kecil yang hendak merekam e-KTP,” katanya. (Marten Boseren)

Baca Juga

Berita dari Pasifik

Instagram (jubicoid)

Loading...
;

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Klik baner di atas untuk membaca pengumuman

Trending today

Foto

Terkini

Rekomendasi

Follow Us

Scroll to Top